Skip to main content

Inilah 7 Desainer Indonesia Now Siap Tampil di New York Fashion Week Musim Panas 2023/2024

Hi Fashion People!

Karya fashion Indonesia semakin diakui di industri fashion dunia. Tujuh desainer dalam negeri akan ikut serta dalam panggung fashion terbesar di dunia, New York Fashion Week (NYFW). NYFW The Shows merupakan bagian rangkaian resmi dari NYFW yang akan berlangsung pada 8-13 September 2023 di New York, Amerika Serikat.



Para desainer ini akan menampilkan koleksi ready to wear yang terinspirasi dari kekayaan wastra dan kriya Indonesia dalam segmen NYFW The Shows-Spring Summer 2023/2024 yang akan digelar di Spring Studios, New York, Amerika Serikat.
 
Ketujuh desainer yang akan berpartisipasi yakni Didiet Maulana dengan jenama IKAT Indonesia, Ivan Gunawan, Ghea Panggabean, Ayumi, Kimberly Tandra X Mandy's Shoes, Merdi Sihombing, serta Lavani by Amero x Livette.Keikutsertaan mereka di NYFW dinaungi oleh Indonesia Now, komunitas yang dibuat untuk menjadi wadah bagi desainer Indonesia untuk pentas di fashion show di dunia.



Andia Kusumawardhani selaku Representatif Indonesia Now menjelaskan ketujuh desainer yang berpartisipasi dalam NYFW dikurasi dan dipilih langsung oleh Indonesia Now. Desainer yang terpilih dinilai memiliki profil dan portofolio yang kuat, sementara sebagian lagi merupakan desainer muda berbakat. Setelah itu, seluruh desainer tersebut juga masih harus menjalani proses kurasi dari tim creative director NYFW baik secara profil maupun kualitas koleksi yang akan ditampilkan dalam acara runway.

"Bahkan saat lagi fitting, itu mereka akan cek satu-satu koleksinya. Karena enggak jarang juga desainer Indonesia ternyata enggak boleh menampilkan koleksi yang sudah disiapkan dan harus pakai koleksi lain," katanya saat ditemui disalah satu cafe di Jakarta Selatan, Senin (28/8/2023).

Di samping itu, tujuh desainer dan jenama lokal yang dipilih untuk mengikuti NYFW musim ini ditentukan berdasarkan kemampuan mereka untuk membuat koleksi serta ketersediaan waktu dan biaya. Hal ini dikarenakan proses keikutsertaan mereka di ajang mode bergengsi itu memakan waktu yang cukup lama.
 


Andia juga menambahkan keikutsertaan desainer dan jenama lokal di ajang mode dunia diharapkan bisa berlangsung secara berkelanjutan, sehingga mereka memang mendapatkan eksposur dan dikenal oleh para penikmat fashion global. Nantinya, selain menampilkan koleksi di acara runway NYFW, beberapa desainer juga akan mengikuti trade show untuk menggaet pembeli khususnya di Amerika.
 
"Trade show untuk brand yang memang produksi fashion lumayan banyak. Karena mereka akan pamerkan produk di booth dan akan bertemu buyer dari seluruh department store di Amerika," tambahnya. 

IKAT Indonesia by Didiet Maulana

Perdana tampil di NYFW The Shows, IKAT Indonesia by Didiet Maulana akan menampilkan koleksi bertema Wiron yang diambil dari kata 'wiru' dalam bahasa Jawa berarti lipatan-lipatan kecil memanjang bersusun pada kain. Koleksi ini menampilkan keberagaman siluet busana tradisional Indonesia yang diaplikasikan dalam detail pleats atau lipatan pada kain.
 
Koleksi ini terinspirasi dari teknik wiron serta desain dengan siluet yang anggun dan modern, seperti long vest, wrap dress, wrap skirt, long coat, lightweight trench coat, dan dilengkapi koleksi baju renang dengan motif tenun Ikat Indonesia. 
 



Keseluruhan Wiron mewakili kedinamisan gerak anak muda dan siluet baru sebagai simbolisasi wanita Indonesia yang optimis dan energik. Terinspirasi dari warna-warna tropis pemandangan alam Indonesia, koleksi ini menampilkan permainan warna seperti nutshell, fondant pink, dan cyber lime yang bernuansa vibran, energik, dan harmonis, namun tetap membumi.
 
Maharani by Ivan Gunawan

Maharani adalah koleksi yang terdiri dari 12 rancangan gemerlap serba keemasan yang terinspirasi dari masa keemasan kerajaan Majapahit ketika dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi, ratu yang berhasil menaklukkan Nusantara. Inspirasi tersebut ditransformasi menjadi gaun-gaun malam high fashion yang berkarakter glamor, red carpet look, dan seksi. 
 
Elemen pakaian ratu Majapahit seperti kemben dan stagen yang fit di badan diterjemahkan menjadi bustier maillot, atau terusan korset (bathing suit), yang saat ini semakin populer dan dikenakan oleh banyak diva musik hingga selebriti. Bustier maillot dipadankan dengan pilihan gaun panjang atau cape dress transparan, celana palazzo dan blus berlengan puffy, serta ruffle skirt.
 



Desain koleksi ini diciptakan timeless dan kaya akan detail yang dekoratif, seperti ornamentasi kristal, embroidery, hingga fringe. Setelah 20 tahun berkarya, ini pertama kalinya Ivan Gunawan menciptakan motif bahan lace sendiri yang digunakan dalam koleksi ini, yaitu motif Kipas Renjana dan Pakis Suvarna.
 
Ghea Panggabean


Desainer Ghea Panggabean akan menampilkan koleksi bertema Mamuli Sumba sebagai sebuah penghormatan terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka ke dalam setiap kain penuh dengan hati.
 
Desainer yang dikenal komitmennya selama empat dekade dalam menerjemahkan budaya dan warisan Indonesia menjadi fashion kontemporer ini akan menghadirkan koleksi apik yang menyatukan warna-warna cerah, pola-pola yang unik dari kain tenun Sumba.
 



Koleksi ini akan terdiri dari jaket aplikasi tenun Sumba Pahikung dan Hinggi, selendang Ikat Sumba sebagai aksen yang anggun, stelan busana dengan tehnik print di atas bahan-bahan yang ringan untuk dipadankan dengan tenun tangan, bordir yang rumit, dan aksesoris asli Sumba, seperti Mamuli. 
 
Merdi Sihombing


Di panggung NYFW musim ini, desainer Merdi Sihombing akan menampilkan karya terbaru yang mencerminkan komitmennya terhadap praktik fashion berkelanjutan dan kecintaannya pada budaya Indonesia. Melalui koleksi sarat budaya Batak yakni ulos, Merdi memberikan pilihan etis dan ramah lingkungan melalui karya fashion kontemporer yang memadukan pola ulos tradisional dengan inspirasi street style modern. Koleksi ini menawarkan desain yang segar, cerah, dan ringan, dengan nuansa Tribal yang kuat. 


 
Wastra yang menjadi sorotan koleksi ini merupakan pengembangan kain tenun ulos dengan motif-motif ikat dari beberapa jenis ulos yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin (ATBM), menggunakan serat alami Indonesia, proses pewarnaan alami, dan semangat kolaborasi berbagai komunitas.
 
Untuk memperkuat nuansa modern street style, koleksi ulos ini juga dipadukan kemeja berwarna putih yang ditenun dari benang hasil daur ulang sampah plastik. Aksesori pun dibuat dari daur ulang kaca, kabel listrik, peniti, dan limbah kerang. Koleksi sepatu dari Linda Chandra akan melengkapi koleksi ini.
 
Ayumi


Jenama fashion AYUMI akan menghadirkan keindahan songket Pandai Sikek hasil kerajinan UMKM Sumatera Barat di panggung NYFW. Desainer jenama ini, Marina Christyanti Ayumi, mengeksplorasi songket dan sentuhan mutiara Lombok menjadi sepuluh set busana yang konstruktif dan bersiluet modern dengan palet warna pop seperti fuchsia, lime green, dan ungu. Unsur tradisional dari kain songket bersalin rupa menjadi rangkaian busana dengan desain masa kini berciri pop yang diberi tajuk "A Pop of Culture".



 
Kimberly Tandra


Desainer muda berbakat asal Surabaya, Kimberly Tandra, berkesempatan untuk ketiga kalinya menampilkan koleksi womenswear di NYFW. Melalui jenama SUEDESON by Kimberly Tandra, desainer termuda pada sesi show ini akan menampilkan koleksi busana couture dan ready-to wear berjudul "Plethora" untuk menunjukkan keberagaman bunga tropis Indonesia ke kancah internasional.
 
Bunga tropis tersebut meliputi bunga sepatu dan bunga anggrek bulan yang beragam warna cerah sebagai identitas dari jenama ini. Untuk merealisasikan motif bunga anggrek dan kembang sepatu pada koleksi busana ini, Kimberly bekerjasama dengan pengrajin tekstil di Indonesia dalam mengaplikasikan teknik bordir, payet, dan teknik batik cap. 
 



Pada kesempatan ini, sang desainer juga berkolaborasi dengan jenama Mandy’s Shoes yang akan mengeluarkan koleksi sepatu bertema The Dream Collection yang memadukan keanggunan, kenyamanan, dan gaya yang tak lekang oleh waktu melalui berbagai style sepatu, seperti boots, heels, dan wedges
 

Lavani by Amero x Livette


Terakhir, jenama perhiasan emas asal Indonesia, Amero Jewellery, akan kembali ke panggung NYFW. Kali ini, mereka berkolaborasi dengan Livette by Liliana Tanoesoedibjo. Sebanyak 10 busana yang akan dipamerkan, bertema Futuristic Modern Chic dari Livette akan dipadukan dengan koleksi terbaru dari Amero Jewellery yaitu Lavani Borobudur Series – Rhombus Kawung, yang terinspirasi keindahan arsitektur dan makna filosofis dari stupa dan motif kawung atau belah ketupat (rhombus) pada relief Candi Borobudur. 
 



Kisah historis dari Candi Borobudur tentang kehidupan, kedamaian, dan cinta kasih dihadirkan dalam aneka bentuk perhiasan seperti cincin, anting, gelang, kalung, serta liontin. Koleksi perhiasan tersebut dipadukan dengan pesona busana dari kain tradisional Indonesia yang berdesain futuristik dan modern. Diharapkan koleksi dengan sentuhan kekayaan seni dan budaya Indonesia ini menjadi daya pikat bagi pecinta fashion dunia.


(Yopi Saputra/Images : Indonesia Now NYFW 2024)


Comments

Popular Posts

Sundance Film Festival Asia 2021 Gelar Kompetisi Film Pendek, Catat Syaratnya !

Hi Fashion People !   Ada yang hobi menonton film pendek? Kalau ada, berarti informasi ini perlu banget buat kamu catat dan simak baik-baik, ya. Tepat pada bulan September nanti, Indonesia khususnya Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam berlangsungnya Sundance Film Festival: Asia 2021 .  Buat kamu yang belum tahu apa itu Sundance Film Festival Asia , sedikit saya jelasin, ya! Jadi Sundance Film Festival Asia adalah festival yang tujuannya untuk mendukung dan mempromosikan komunitas film independen yang tentunya sudah dikurasi atau diseleksi ketat oleh tim Sundance Intitute .  Terselenggarakannya festival ini adalah sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap para pembuat film khususnya di Asia. Festival ini hadir sebagai ajang pertukaran seni sekaligus pertukaran ide serta gagasan baru, yang mungkin saja bisa diangkat untuk menjadi sebuah karya film dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi.  Dalam rangkaian Sundance Film Festival: Asia 2021 , IDN Media bersama dengan XMR Media

Hadir dengan Format Terbaru, Jakarta Fashion Week 2021 Siap Menyapa Para Pecinta Fashion Tanah Air

Hi Fashion People! Pekan mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 akan hadir dengan format baru. Ya, di tengah situasi yang menghadirkan banyak tantangan, JFW pun terpaksa beradaptasi dengan gaya hidup baru dan siap menyapa para pecinta fashion tanah air dan internasional lewat pengalaman baru.  Acara yang akan diselenggarakan pada 26 hingga 29 November 2020 ini akan ditayangkan secara live steram di microsite JFW.TV dan kanal resmi Jakarta Fashion Week lainnya. Para pecinta fashion dapat menyaksikan fashion show , serta mengintip kisah di back stage dan beragam konten lainnya.  Puluhan desainer dan label ternama Indonesia terlibat dalam peregelaran fashion show di era baru yang akan berlangsung di Senyan City yang menjadi official venue Jakarta Fashion Week sejak tahun 2013. Termasuk juga menghadirkan desainer dan label Indonesia Fashion Forward , Dewi Fashion Knights , hingga para desainer muda dalam Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode

Maudy Ayunda Bersama From This Island Ajak Perempuan Merawat Diri

Hi Fashion People !  Baru-baru ini jenama produk perawatan kulit lokal From This Island mengajak perempuan merawat diri serta memahami pentingnya detoksifikasi dalam upaya membangun kembali pondasi kesehatan kulit dalam tubuh.  Melalui program 14D Skin + Body Reset Challenge ini memberikan tantangan harian selama 14 hari yang dapat membantu membangun kembali pondasi kulit dan tubuh sehat. Agar kulit bisa terawat dan seimbang, pengguna dianjurkan untuk menggunakan kombinasi produk perawatan dengan urutan tertentu.  Berdasarkan siaran pers perusahaan yang dibagikan bahwa program itu juga mengajak para pengguna untuk menggunakan secara berkala produk Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner yang mengandung campuran Glycolic & Lactic Acid, Sugarcane, Cucumber, Aloe Vera, dan Hyaluronic Acid Trio. Produk yang berbahan dasar tebu, yang disebut dapat membantu mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada kulit, serta merangsang regenerasi kulit. "Melalui uji coba dan penelitian