Skip to main content

Trend Fashion Muslim di Ramadan Runaway 2019

Hi Fashion People!

Penyelenggaraan  Ramadan Runaway 2019 oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPI) DKI Jakarta, Ramadan Runaway 2019 kali ini menggelar closing ceremony yang dihadiri oleh para pecinta fashion muslim dan para pelaku industri fashion di Mall Kota Kasablanka. Acara ini sudah digelar sejak 5 Juni 2018 yang lalu dan diikuti lebih dari 70 fashion brand terpilih dan menjadi referensi utama tren busana muslim Indonesia pada tahun depan. Kegiatan ini telah berlangsung kurang lebih tiga pekan yang menghadirkan Talkshow, Fashion Show, Exhibition serta kompetisi untuk desainer muda mewarnai perhelatan panggung Ramadan Runaway 2019.
 


Selama tiga pekan perhelatan ini berlangsung Ramadan Runaway 2019 ini memberikan warna penting dalam industri fashion di Indonesia. Kita bisa menyaksikan koleksi-koleksi yang menggambarkan kreativitas dan semangat para desainer untuk memberikan yang terbaik kepada para pecinta fashion muslim tentunya. Menurut Rudy Chandra, selaku Ketua  APPMI DKI Jakarta, sebagai referensi utama dalam tren fashion muslim tahun depan, Ramadan Runaway 2019 ini merupakan hal yang sangat penting dalam perjalanan Indonesia menuju kiblat fashion muslim dunia pada tahun 2020 mendatang.
 


Nah, untuk tren fashion muslim 2019 menampilkan busana muslim dengan design yang lebih simple, ringan, dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Material seperti organdi, sifon, moss crepe. dan cotton silk akan mudah ditemui dalam karya desainer, selain itu warna-warna basic juga mendominasi seperti hitam, putih, off-white, navy blue, dan abu-abu.
 


Menurut Rudy Chandra, ia memprediksikan bahwa sejumlah desainer yang berpartisipasi dalam Ramadan Runaway 2019 harus mendapatkan perhatian penting dari fashionista pada tahun depan."Saya melihat ada sejumlah desainer yang memiliki kreativitas sangat kuat dan harus diantisipasi oleh fashionista muslim pada tahun depan, seperti Ariy Arka, Dana Duryatna, dan Nita Seno Adji," Ujarnya.
 


Abee by Ariy Arka sering menampilkan sentuhan bordir dan karyanya selalu dinantikan oleh para pecinta fashion. Dana Duryatna memiliki konsumen setia yang selalu memilih desain-desain busana longgar dengan bahan-bahan print dari linen dan katun. Sedangkan Nita Seno Adjie yang sering tampil di ajang fashion mancanegara sangat piawai memadukan desain modern dengan motif-motif tradisional.
 


Kombinasi modern dan tradisional ini juga lebih banyak terlihat pada karya-karya desainger di Ramadan Runaway 2019. Umumnya mereka tidak berusaha menonjolkan salah satu yaitu modern atau tradisional. Harmoni dalam menampilkan new look, serta mengikuti tren mode dan memberikan  sentuhan tradisional tanoa harus kehilangan ciri khas dari brand tresebut.

Dengan begitu  Ramadan Runaway  2019 adalah salah satu platform yang tepat bagi para pelaku industri fashion, untuk mengembangkan bisnisnya memberikan dampak positif terhadap kemajuan anak-anak yang ingin terjun di industri fashion tentunya.
 
( Yopi Saputra/ Images : Doc. Panitia Muslim Ramadan Runaway 2019)
 
 


Comments

  1. Sekarang ini busana muslim, baik untuk wanita dan pria, sudah sangat sangat fashionable ya Yop. Melihat dari tulisan Yopi aku menarik kesimpulan, berbusana muslimpun bisa trendy dan moderen ditambah tampak smart juga

    ReplyDelete
  2. tahun ini aku liat beberapa kali busana muslin khususnya pria ternyata g sebatas untuk sholat, pengajian, syukuran saja..
    di postingan mas yopi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas alan, seiiring berkembangnya zaman, fashion pun berkembang dan bahkan modest alias fashion muslimpun banyak sekali kegunaanya tidak hanya sekedar pergi pengajian melainkan bisa buat show juga hehe

      Delete
  3. Pengen juga sesekali nonton ginian. Caranya gimana. perlu undangan khususkah atau free for public, Yop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada undangnya mba ratna, klo kita sebagai blogger biasnya ngisi data dlu di webnya untuk registrasi

      Delete
  4. Jadi untuk tren fashion ramadan tahun 2019, sudah mulai ditentukan dari akhir Juni 2018? Jauh juga ya jaraknya ke ramadan tahun depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ini untuk trend fashion tahun depan, karena tahun 2020 nanti indonesia akan jadi negara pusat fashion muslim dunia huhuh bangga

      Delete
  5. ternyata byk juga ya modifikasi utk pakaian pria, hehe

    ReplyDelete
  6. iya mba banyak banget modifikasinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

Sundance Film Festival Asia 2021 Gelar Kompetisi Film Pendek, Catat Syaratnya !

Hi Fashion People !   Ada yang hobi menonton film pendek? Kalau ada, berarti informasi ini perlu banget buat kamu catat dan simak baik-baik, ya. Tepat pada bulan September nanti, Indonesia khususnya Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam berlangsungnya Sundance Film Festival: Asia 2021 .  Buat kamu yang belum tahu apa itu Sundance Film Festival Asia , sedikit saya jelasin, ya! Jadi Sundance Film Festival Asia adalah festival yang tujuannya untuk mendukung dan mempromosikan komunitas film independen yang tentunya sudah dikurasi atau diseleksi ketat oleh tim Sundance Intitute .  Terselenggarakannya festival ini adalah sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap para pembuat film khususnya di Asia. Festival ini hadir sebagai ajang pertukaran seni sekaligus pertukaran ide serta gagasan baru, yang mungkin saja bisa diangkat untuk menjadi sebuah karya film dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi.  Dalam rangkaian Sundance Film Festival: Asia 2021 , IDN Media bersama dengan XMR Media

Maudy Ayunda Bersama From This Island Ajak Perempuan Merawat Diri

Hi Fashion People !  Baru-baru ini jenama produk perawatan kulit lokal From This Island mengajak perempuan merawat diri serta memahami pentingnya detoksifikasi dalam upaya membangun kembali pondasi kesehatan kulit dalam tubuh.  Melalui program 14D Skin + Body Reset Challenge ini memberikan tantangan harian selama 14 hari yang dapat membantu membangun kembali pondasi kulit dan tubuh sehat. Agar kulit bisa terawat dan seimbang, pengguna dianjurkan untuk menggunakan kombinasi produk perawatan dengan urutan tertentu.  Berdasarkan siaran pers perusahaan yang dibagikan bahwa program itu juga mengajak para pengguna untuk menggunakan secara berkala produk Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner yang mengandung campuran Glycolic & Lactic Acid, Sugarcane, Cucumber, Aloe Vera, dan Hyaluronic Acid Trio. Produk yang berbahan dasar tebu, yang disebut dapat membantu mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada kulit, serta merangsang regenerasi kulit. "Melalui uji coba dan penelitian

Karya Luar Biasa Mahija Lewat Dewi Fashion Knights Tutup Gelaran JFW 2024

 Hi Fashion People !  Jenama aksesori asal Yogyakarta Mahija menutup gelaran Jakarta Fashion Week 2024. Pagelaran ini sebagai bagian dari rangkaian pertunjukan Dewi Fashion Knights. Sang desainer Galuh Anindita seolah ingin menyampaikan bahwa selalu ada harap dan terang dalam setiap keterpurukan dan kegelapan.  Dewi Fashion Knights adalah sebuah perayaan dan salah satu bentuk dukungan Majalah Dewi terhadap fashion Indonesia. Perayaan ini sebagai wujud dan dedikasi Majalah Dewi sebagai majalah fashion dan lifestyle tertua di Indonesia. Majalah Dewi memiliki pengalaman panjang dalam mengamati dan menjadi bagian dari perkembagan fashion nasional.  Dewi Fashion Knights (DFK) selalu menjadi mata acara yang ditunggu-tunggu pecinta fashion di Jakarta Fashion Week. Sama dengan halnya dengan tahun lalu, tahun ini Dewi Fashion Knights hadir dalam dua lini, yaitu ready to wear (Jan Sober, Rama Dauhan, Byo) dan adibusana (Mahija dan Hian Tjen).  Sebagai pentup rangkaian pagelaran Jakarta Fas