Skip to main content

10 Tahun Mencari Passion, Akhirnya Berlabuh Menjadi Fashion Stylist

Hi Fashion People!

Dunia fashion kini semakin berkembang. Makin banyak desainer-desainer muda serta brand fashion baru bermunculan, perputaran trend pun semakin bertambah cepat. Perkembangan fashion yang cukup pesat juga membuat profesi fashion stylist lebih dilirik. 

Pekerjaan sebagai fashion stylist memang sangat menjanjikan dan bisa dibilang prestisius, karena tidak semua orang memiliki mata yang cukup "tajam" untuk memadupadankan busana hingga menjadi sebuah karya yang kreatif serta bernilai tinggi. 

Banyak orang yang semakin peduli dengan penampilan, membuat pekerjaan fashion stylist semakin digandrungi. Namun, sebenarnya apa sih defenisi stylist itu dan apa saja  pekerjaan yang dikerjakan oleh seorang fashion stylist?




Fashion stylist merupakan pekerjaan yang lebih berfokus pada gaya pakaian, misalnya membuat daftar pakaian dan aksesori yang bisa dipakai oleh si klien agar tampak lebih menarik. 

Menjadi fashion stylist itu nggak hanya sekedar memadupadankan fashion item aja di badan tetapi si stylist juga harus memiliki pengetahuan mengenai desain, gradasi warna, seni murni, serta harus memiliki ide-ide kreatif. 

Nah, itu singkat defenisi singkat mengenai fashion stylist. Banyak diantara teman-teman di media sosial menanyakan perihal sejak kapan saya mulai tertarik dengan dunia fashion.



Sejak kecil saya sudah mulai mengenal  dengan dunia menjahit. Karena mama saya seorang penjahit bordir untuk mukena dan kebaya tradisional Minangkabau, sehingga sedikit-banyaknya saya mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan fashion misalnya; membuat pola, menentukan bahan apa yang akan dipakai, mengukur badan, dan lain-lain. 

Selain itu, faktor lingkungan sekitar juga mempengaruhi salah satunya, saya memiliki hobi bermain bongkar pasang kertas. kamu masih ingat nggak dengan sebuah permainan masa kecil dahulu yang dikenal dengan permainan bongkar pasang? Ya, tentu saja sebagian dari kita yang pernah mengecap permainan ini akan selalu ingat bahwa di masa kecil dahulu pernah memainkannya.
 
Permainan boneka plus baju-baju yang fashionable terbuat dari kertas ini biasanya dimainakan sama anak perempuan. Namun, lain halnya dengan saya, mama waktu itu membiarkannya, mungkin masih kecil dan belum paham kalau bermain bongkar pasang kertas biasanya dimainkan sama anak-anak perempuan. 

Bermain bongkar pasang inilah yang menjadi cikal bakal saya paham dengan memadupadankan fashion item ke tubuh si tokoh yang terlibat dalam permainan bongkar pasang. Karena, permainan ini membuat daya kreativitas saya terasah dengan memadupadankan busana sesuai kebutuhan tokoh/peran yang sedang dijalankan. Misalnya, ada pakaian khusus ke kantor, pakaian untuk ke pantai, pakaian untuk tidur, pakaian untuk ke pesta dan banyak lagi. Dalam aktivitas ini, secara tidak langsung saya belajar tentang kepantasan dalam berbusana.


Untuk mewujudkan mimpiku menjadi fashion stylist professional tidaklah mudah, saya harus bersabar dalam kurun waktu 10 tahun untuk menemukan passion saya di dunia fashion, karena balik lagi ke faktor lingkungan yang saya pribadi belum siap menerima "Ocehan/Ejekan" mengenai profesi yang saya ambil sekarang. 

Seperti kita ketahui bahwa, lingkungan disekitarku "menganggap" profesi yang berhubungan dengan fashion dianggap melawan kodrat, serta cara pandang mereka jika cowok yang berprofesi sebagai desainer itu aneh. Alhamdulillah, sejak saya bekerja di Jakarta dan menjadi penulis lepas untuk berbagai event di Jakarta baik event fashion maupun non-fashion

Selain itu, di kantor saya ditempatkan sebagai content multimedia dimana job describtion-nya tidak jauh berbeda dengan content writer dimana content multimedia lebih membuat skrip/naskah untuk kebutuhan video shooting, foto, voice over, saya juga dituntut untuk creative dan inovatif dalam membuat konten. 

Enggak hanya itu setiap pembuatan video pendek/film saya saya dilibatkan sebagai fashion stylist dan wardrobe untuk kebutuhan shooting, merasa bahagia sekali passion saya bisa saya praktikan langsung di industri creative. 



Sekarang, apa yang perlu saya asah agar mimpi saya benar-benar terwujud menjadi fashion stylist professional. Penasaran? Yuk, intip skill yang akan saya tekunin dalam waktu dekat ini atau yang sedang ditekuni.

Pelajari lebih lanjut mengenai bahan, jahitan, dan ukuran

Walaupun sejak kecil saya sudah mengenal mengenai bahan, tetapi tidak ada salahnya mempelajarinya kembali karena basic menjadi professional fashion stylist harus paham dengan bahan yang akan dipakai untuk calon klien. Sederhananya saya mempelajari ketiga ini dengan sesering mungkin datang ke toko-toko yang menjual bahan pakaian dan tekstil. Dengan sering mendatangi toko-toko baju secara tidak langsung kita sudah belajar mengenai trend fashion terkini di pasar.

Lebih aktif di acara-acara fashion week

Datang ke acara-acara fashion memberikan kesempatan bagi saya untuk melihat trend yang sedang diangkat oleh brand. Selain itu, bisa menjadi ajang buat saya pribadi untuk mengenal produk mulai dari tahapan penggunaan bahan, jahitan, inspirasi dan paling penting adalah bisa menjalin atau menambah link pertemanan dengan desainer atau PR sebuah brand.

Selalu up to date dalam arus trend fashion

Selalu up to date dengan trend fashion terkini ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Karena, trend fashion enggak hanya berada di Indonesia saja melainkan semua brand yang sudah terkenal di fashion industry wajib bagi saya untuk mempelajarinya. Ikuti trend dari level desainer sampai label kecil sehingga dapat memperkaya pengetahuan tentang styling.

Mulai untuk fokus ke spesialis

Ada banyak kategori dalam dunia fashion styling, mulai dari celebrity stylist, red carpet stylist, personal stylist, hingga editorial stylist. Untuk menjajali semua kategori profesi itu bukanlah hal yang gampang. Tapi, saya harus menemukan satu bidang yang paling diminati dan ahli dibidangnya. Terkadang untuk stunning diantara yang lain, saya harus lebih banyak belajar dan fokus pada satu kategori bidang di fashion styling.

Nah, itu beberapa keterampilan yang harus saya pelajari lebih lanjut. Semoga mimpiku terwujud menjadi professional fashion stylist, ya! kalau kamu punya kecakapan dibidang apa? Share ceritanya, dong.

(Yopi Saputra/ Images : Doc. Pribadi)







Comments

  1. Ternyata banyak juga ya cabang dari fashion stylist...harus kreatif memang. Selamat berkreasi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar kak, cabang fashion itu banyak sekali kak. Mulai dari celebrity stylist, comercial stylist dan lain2. iya dong kita harus creative terutama kudu update dengan trend fashion

      Delete
  2. Salut mas sama njenengan.
    Aku juga punya temen yg passionate di make up artist
    Masalah omongan mah EGP
    Penting happy dan berprestasi.

    Sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mba doa baiknya, sukses selalu juga buat dirimu, ya!

      Delete
  3. Salut sama usahanya yang tak kenal menyerah dan tetap konsisten di bidang ini. Semoga sukses ya menjadi fashion stylistnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih atas doa baiknya ya kak :D. Sukses juga buat dirimu ya

      Delete

Post a Comment

Popular Posts

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Gandeng Komunitas Pers dan Blogger untuk Kampanyekan Berita Ramah Anak

Hi Fashion People , Belakangan ini marak sekali pemberitaan mengenai anak dibawah umur di tanah air yang seringkali menjadi korban dan obyek eksploitasi dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Mereka secara terang-terangan mengungkap identitas anak dibawah umur mulai dari wajah, inisial, nama, alamat, nama orang tua kandung, dan sekolah secara sengaja maupun tidak sengaja, sehingga anak tidak terlindungi hak privasinya secara baik.  Tidak hanya itu saja, bahasa pemberitaan terkait anak  terkadang menggunakan bahasa yang kasar bahkan vulgar. Media penyiaran pun juga kerap menampilkan sosok anak yang disamarkan wajahnya dengan menggunakan topeng atau diburamkan wajahnya namun masih bisa dikenali ciri-cirinya.   Kita tahu bahwa anak merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang memiliki harkat dan martabat sebagaimana manusia seutuhnya, karena itu ia berhak mendapatkan perlindungan. Selain itu anak merupakan generasi penerus bangsa yang wajib dilindungi dari berbagai pemberitaan negatif

5 Outfit ini, Bikin Penampilanmu Nyaman dan Kece di Festival ON OFF 2018

Hi Fashion People ! Akhir-akhir ini maraknya para penyanyi asing yang datang ke Indonesia dalam rangka menggelar konser. Mulai dari penyanyi pop, hip hop, RnB, rock, electronic dance music dan jenis musik lainnya, untuk menyapa penggemarnya di Jakarta khususnya.  Berbagai genre musik tentu memiliki gaya fashion tersendiri. Jangan heran jika setiap penonton konser musik memiliki ciri khas masing-masing. Nah, buat kamu yang berencana nonton konser musik di event Festival ON OFF 2018 ini, coba terapkan 5 outfit ini yang bikin penampilanmu kece. Apa itu? Yuk intip dibawah ini ya!     Pakailah t-shirt yang nyaman Menentukan outfit saat menonton konser musik, perlu diperhatikan tingkat kenyamanannya, pilihlah t-shirt yang nyaman namun tetap bikin kamu terlihat keren. T-shirt polos bisa kamu jadikan andalan saat nonton konser musik lho, t-shirt yang berbahan kaos bisa kamu pakai biar gampang menyerap keringat, selain itu bisa memberikan ruang lebih saat kamu bergerak bebas. 

5 Tips Jitu Berbisnis Fashion Online yang Wajib Kamu Miliki Di Tahun 2021

Hi Fashion People !  Bagi kebanyakan orang terutama yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, seperti; Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Aktivitas belanja online merupakan rutinitas yang paling menyenangkan bukan? Ya, bahkan rela menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor komputer atau gawai demi mendapatkan barang impian yang sudah diincar jauh-jauh hari. Dan tak jarang mereka terkena penyakit shopaholic  alias gila belanja berlebihan. Menyadari dari sebagian sifat dasar manusia, yaitu doyan belanja online secara kontinu maka dari berbagai pihak, banyak yang memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis online shop.  Tengoklah para pedagang yang dahulunya menjual dagangannya secara offline , kini sudah mulai beralih ke bisnis online shop. Apalagi bisnis online shop terutama fashion , mulai dilirik dan banyak diminati oleh orang dari berbagai kalangan. Mengingat produk  fashion merupakan produk terlaris dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Dan Ini menunjukkan, bah