Skip to main content

10 Tahun Mencari Passion, Akhirnya Berlabuh Menjadi Fashion Stylist

Hi Fashion People!

Dunia fashion kini semakin berkembang. Makin banyak desainer-desainer muda serta brand fashion baru bermunculan, perputaran trend pun semakin bertambah cepat. Perkembangan fashion yang cukup pesat juga membuat profesi fashion stylist lebih dilirik. 

Pekerjaan sebagai fashion stylist memang sangat menjanjikan dan bisa dibilang prestisius, karena tidak semua orang memiliki mata yang cukup "tajam" untuk memadupadankan busana hingga menjadi sebuah karya yang kreatif serta bernilai tinggi. 

Banyak orang yang semakin peduli dengan penampilan, membuat pekerjaan fashion stylist semakin digandrungi. Namun, sebenarnya apa sih defenisi stylist itu dan apa saja  pekerjaan yang dikerjakan oleh seorang fashion stylist?




Fashion stylist merupakan pekerjaan yang lebih berfokus pada gaya pakaian, misalnya membuat daftar pakaian dan aksesori yang bisa dipakai oleh si klien agar tampak lebih menarik. 

Menjadi fashion stylist itu nggak hanya sekedar memadupadankan fashion item aja di badan tetapi si stylist juga harus memiliki pengetahuan mengenai desain, gradasi warna, seni murni, serta harus memiliki ide-ide kreatif. 

Nah, itu singkat defenisi singkat mengenai fashion stylist. Banyak diantara teman-teman di media sosial menanyakan perihal sejak kapan saya mulai tertarik dengan dunia fashion.



Sejak kecil saya sudah mulai mengenal  dengan dunia menjahit. Karena mama saya seorang penjahit bordir untuk mukena dan kebaya tradisional Minangkabau, sehingga sedikit-banyaknya saya mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan fashion misalnya; membuat pola, menentukan bahan apa yang akan dipakai, mengukur badan, dan lain-lain. 

Selain itu, faktor lingkungan sekitar juga mempengaruhi salah satunya, saya memiliki hobi bermain bongkar pasang kertas. kamu masih ingat nggak dengan sebuah permainan masa kecil dahulu yang dikenal dengan permainan bongkar pasang? Ya, tentu saja sebagian dari kita yang pernah mengecap permainan ini akan selalu ingat bahwa di masa kecil dahulu pernah memainkannya.
 
Permainan boneka plus baju-baju yang fashionable terbuat dari kertas ini biasanya dimainakan sama anak perempuan. Namun, lain halnya dengan saya, mama waktu itu membiarkannya, mungkin masih kecil dan belum paham kalau bermain bongkar pasang kertas biasanya dimainkan sama anak-anak perempuan. 

Bermain bongkar pasang inilah yang menjadi cikal bakal saya paham dengan memadupadankan fashion item ke tubuh si tokoh yang terlibat dalam permainan bongkar pasang. Karena, permainan ini membuat daya kreativitas saya terasah dengan memadupadankan busana sesuai kebutuhan tokoh/peran yang sedang dijalankan. Misalnya, ada pakaian khusus ke kantor, pakaian untuk ke pantai, pakaian untuk tidur, pakaian untuk ke pesta dan banyak lagi. Dalam aktivitas ini, secara tidak langsung saya belajar tentang kepantasan dalam berbusana.


Untuk mewujudkan mimpiku menjadi fashion stylist professional tidaklah mudah, saya harus bersabar dalam kurun waktu 10 tahun untuk menemukan passion saya di dunia fashion, karena balik lagi ke faktor lingkungan yang saya pribadi belum siap menerima "Ocehan/Ejekan" mengenai profesi yang saya ambil sekarang. 

Seperti kita ketahui bahwa, lingkungan disekitarku "menganggap" profesi yang berhubungan dengan fashion dianggap melawan kodrat, serta cara pandang mereka jika cowok yang berprofesi sebagai desainer itu aneh. Alhamdulillah, sejak saya bekerja di Jakarta dan menjadi penulis lepas untuk berbagai event di Jakarta baik event fashion maupun non-fashion

Selain itu, di kantor saya ditempatkan sebagai content multimedia dimana job describtion-nya tidak jauh berbeda dengan content writer dimana content multimedia lebih membuat skrip/naskah untuk kebutuhan video shooting, foto, voice over, saya juga dituntut untuk creative dan inovatif dalam membuat konten. 

Enggak hanya itu setiap pembuatan video pendek/film saya saya dilibatkan sebagai fashion stylist dan wardrobe untuk kebutuhan shooting, merasa bahagia sekali passion saya bisa saya praktikan langsung di industri creative. 



Sekarang, apa yang perlu saya asah agar mimpi saya benar-benar terwujud menjadi fashion stylist professional. Penasaran? Yuk, intip skill yang akan saya tekunin dalam waktu dekat ini atau yang sedang ditekuni.

Pelajari lebih lanjut mengenai bahan, jahitan, dan ukuran

Walaupun sejak kecil saya sudah mengenal mengenai bahan, tetapi tidak ada salahnya mempelajarinya kembali karena basic menjadi professional fashion stylist harus paham dengan bahan yang akan dipakai untuk calon klien. Sederhananya saya mempelajari ketiga ini dengan sesering mungkin datang ke toko-toko yang menjual bahan pakaian dan tekstil. Dengan sering mendatangi toko-toko baju secara tidak langsung kita sudah belajar mengenai trend fashion terkini di pasar.

Lebih aktif di acara-acara fashion week

Datang ke acara-acara fashion memberikan kesempatan bagi saya untuk melihat trend yang sedang diangkat oleh brand. Selain itu, bisa menjadi ajang buat saya pribadi untuk mengenal produk mulai dari tahapan penggunaan bahan, jahitan, inspirasi dan paling penting adalah bisa menjalin atau menambah link pertemanan dengan desainer atau PR sebuah brand.

Selalu up to date dalam arus trend fashion

Selalu up to date dengan trend fashion terkini ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Karena, trend fashion enggak hanya berada di Indonesia saja melainkan semua brand yang sudah terkenal di fashion industry wajib bagi saya untuk mempelajarinya. Ikuti trend dari level desainer sampai label kecil sehingga dapat memperkaya pengetahuan tentang styling.

Mulai untuk fokus ke spesialis

Ada banyak kategori dalam dunia fashion styling, mulai dari celebrity stylist, red carpet stylist, personal stylist, hingga editorial stylist. Untuk menjajali semua kategori profesi itu bukanlah hal yang gampang. Tapi, saya harus menemukan satu bidang yang paling diminati dan ahli dibidangnya. Terkadang untuk stunning diantara yang lain, saya harus lebih banyak belajar dan fokus pada satu kategori bidang di fashion styling.

Nah, itu beberapa keterampilan yang harus saya pelajari lebih lanjut. Semoga mimpiku terwujud menjadi professional fashion stylist, ya! kalau kamu punya kecakapan dibidang apa? Share ceritanya, dong.

(Yopi Saputra/ Images : Doc. Pribadi)







Comments

  1. Ternyata banyak juga ya cabang dari fashion stylist...harus kreatif memang. Selamat berkreasi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar kak, cabang fashion itu banyak sekali kak. Mulai dari celebrity stylist, comercial stylist dan lain2. iya dong kita harus creative terutama kudu update dengan trend fashion

      Delete
  2. Salut mas sama njenengan.
    Aku juga punya temen yg passionate di make up artist
    Masalah omongan mah EGP
    Penting happy dan berprestasi.

    Sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mba doa baiknya, sukses selalu juga buat dirimu, ya!

      Delete
  3. Salut sama usahanya yang tak kenal menyerah dan tetap konsisten di bidang ini. Semoga sukses ya menjadi fashion stylistnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih atas doa baiknya ya kak :D. Sukses juga buat dirimu ya

      Delete

Post a Comment

Popular Posts

Sundance Film Festival Asia 2021 Gelar Kompetisi Film Pendek, Catat Syaratnya !

Hi Fashion People !   Ada yang hobi menonton film pendek? Kalau ada, berarti informasi ini perlu banget buat kamu catat dan simak baik-baik, ya. Tepat pada bulan September nanti, Indonesia khususnya Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam berlangsungnya Sundance Film Festival: Asia 2021 .  Buat kamu yang belum tahu apa itu Sundance Film Festival Asia , sedikit saya jelasin, ya! Jadi Sundance Film Festival Asia adalah festival yang tujuannya untuk mendukung dan mempromosikan komunitas film independen yang tentunya sudah dikurasi atau diseleksi ketat oleh tim Sundance Intitute .  Terselenggarakannya festival ini adalah sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap para pembuat film khususnya di Asia. Festival ini hadir sebagai ajang pertukaran seni sekaligus pertukaran ide serta gagasan baru, yang mungkin saja bisa diangkat untuk menjadi sebuah karya film dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi.  Dalam rangkaian Sundance Film Festival: Asia 2021 , IDN Media bersama dengan XMR Media

Maudy Ayunda Bersama From This Island Ajak Perempuan Merawat Diri

Hi Fashion People !  Baru-baru ini jenama produk perawatan kulit lokal From This Island mengajak perempuan merawat diri serta memahami pentingnya detoksifikasi dalam upaya membangun kembali pondasi kesehatan kulit dalam tubuh.  Melalui program 14D Skin + Body Reset Challenge ini memberikan tantangan harian selama 14 hari yang dapat membantu membangun kembali pondasi kulit dan tubuh sehat. Agar kulit bisa terawat dan seimbang, pengguna dianjurkan untuk menggunakan kombinasi produk perawatan dengan urutan tertentu.  Berdasarkan siaran pers perusahaan yang dibagikan bahwa program itu juga mengajak para pengguna untuk menggunakan secara berkala produk Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner yang mengandung campuran Glycolic & Lactic Acid, Sugarcane, Cucumber, Aloe Vera, dan Hyaluronic Acid Trio. Produk yang berbahan dasar tebu, yang disebut dapat membantu mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada kulit, serta merangsang regenerasi kulit. "Melalui uji coba dan penelitian

Karya Luar Biasa Mahija Lewat Dewi Fashion Knights Tutup Gelaran JFW 2024

 Hi Fashion People !  Jenama aksesori asal Yogyakarta Mahija menutup gelaran Jakarta Fashion Week 2024. Pagelaran ini sebagai bagian dari rangkaian pertunjukan Dewi Fashion Knights. Sang desainer Galuh Anindita seolah ingin menyampaikan bahwa selalu ada harap dan terang dalam setiap keterpurukan dan kegelapan.  Dewi Fashion Knights adalah sebuah perayaan dan salah satu bentuk dukungan Majalah Dewi terhadap fashion Indonesia. Perayaan ini sebagai wujud dan dedikasi Majalah Dewi sebagai majalah fashion dan lifestyle tertua di Indonesia. Majalah Dewi memiliki pengalaman panjang dalam mengamati dan menjadi bagian dari perkembagan fashion nasional.  Dewi Fashion Knights (DFK) selalu menjadi mata acara yang ditunggu-tunggu pecinta fashion di Jakarta Fashion Week. Sama dengan halnya dengan tahun lalu, tahun ini Dewi Fashion Knights hadir dalam dua lini, yaitu ready to wear (Jan Sober, Rama Dauhan, Byo) dan adibusana (Mahija dan Hian Tjen).  Sebagai pentup rangkaian pagelaran Jakarta Fas