Hi Fashion People!
Fashion menjadi salah satu bidang usaha baru yang banyak diminati di masa pandemi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena terdampak pandemi atau ingin mendapat penghasilan tambahan meyakini bisnis fashion jadi peluang usaha potensial.
Muslim Fashion Festival atau MUFFEST pun kembali merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM serta para desainer fashion muslim yang baru merintis. Untuk terlibat dalam pegelaran tahunan MUFFEST 2021 yang akan digelar pada 18-21 Febuari 2021 di Jakarta Convention Center (JCC).
Mengusung konsep sustainable atau berkelanjutan sudah digaung-gaungkan sejak MUFFEST 2020 lebih diseriusi lagi di tahun depan. Terlebih tantangan perubahan perilaku konsumen serta beradaptasi dengan situasi new normal perlu dipahami pelaku usaha.
Mengangkat tema "Recovering Industry with Slow Fashion", acara yang digagas Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo meyakini UKM dan pelaku bisnis fashion muslim kembali bangkit mengingat Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Konsep sustainable fashion juga dipercaya menjadi faktor peningkatan daya saing UKM Indonesia untuk menguasai pasar dalam negeri dan bisa diterima di luar negeri.
"MUFFEST mengajak para UKM mengedepankan sustainable fashion dengan konsep 3 pilar yaitu people,
planet dan profit. Mari kita dukung recovery UKM fashion melalui
MUFFEST," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten
Masduki di acara virtual launching MUFFEST, Rabu (19/8).
Produk sustainable yang dimaksud mencakup segi material dan manufaktur
atau prosesnya. Para konsumen juga lebih aware dengan gaya hidup
conscious sebelum membeli produk dengan pertimbangan apakah memiliki
dampak positif pada orang lain, lingkungan, dan masyarakat.
"Maka itu para pelaku harus bersiap memperbaiki brand, berkualitas,
ini wajib bukan nilai plus, mengubah cara produksi lebih cepat,
berkolaborasi, dan mengutamakan produk yang lebih cepat terjual agar
bisa recovering," timpal National Chairman Indonesian Fashion Chamber
Ali Charisma.
Sebagai dukungan untuk membangkitkan industri fashion dan peserta UKM
dalam membantu peningkatan penjualan ditengah pandemi covid-19, MUFFEST
juga akan diselenggarakan pada tanggal 2,3,4 Oktober 2020 di
JIExpo,Kemayoran dalam tajuk pameran ESSENCE yang digelar bersama
kolaborasi Dyandra New Adventure (DNA).
MUFFEST 2021 akan hadir dengan banyak gebrakan dan program baru
dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan eksistensi untuk di
era digital. Program-program inovasi seperti Exhibitor Coaching, New
Concept of MYDC, Live Booth on MUFFEST, Virtual Exhibition selama 4
Bulan lamanya, serta hadirnya ESSENCE by MUFFEST pada Oktober 2020.
"Kami telah membuat strategi dan stimulus agar tetap dapat
menjalankan kegiatan sesuai protokol kesehatan yang belaku dan akan
membuat event aman jadi nyaman. Harapannya, seluruh stakeholders bersama
Dyandra Promosindo akan terus berkembang dengan menghasilkan dampak
berganda pada industri MICE di Indonesia dan harus bangkit dan semangat
lagi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku,”tutup
Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.
(Yopi Saputra/ Images: Doc. Panitia MUFFEST 2021)
Comments
Post a Comment