Skip to main content

MUFFEST 2021 Hadirkan Format Baru dengan Mengedepankan Keberlanjutan Industri Fashion Tanah Air

Hi Fashion People! 

Fashion menjadi salah satu bidang usaha baru yang banyak diminati di masa pandemi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena terdampak pandemi atau ingin mendapat penghasilan tambahan meyakini bisnis fashion jadi peluang usaha potensial. 


Muslim Fashion Festival atau MUFFEST pun kembali merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM serta para desainer fashion muslim yang baru merintis. Untuk terlibat dalam pegelaran tahunan MUFFEST 2021 yang akan digelar pada 18-21 Febuari 2021 di Jakarta Convention Center (JCC). 


Mengusung konsep sustainable atau berkelanjutan sudah digaung-gaungkan sejak MUFFEST 2020 lebih diseriusi lagi di tahun depan. Terlebih tantangan perubahan perilaku konsumen serta beradaptasi dengan situasi new normal perlu dipahami pelaku usaha. 
 

Mengangkat tema "Recovering Industry with Slow Fashion", acara yang digagas Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo meyakini UKM dan pelaku bisnis fashion muslim kembali bangkit mengingat Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Konsep sustainable fashion juga dipercaya menjadi faktor peningkatan daya saing UKM Indonesia untuk menguasai pasar dalam negeri dan bisa diterima di luar negeri. 

"MUFFEST mengajak para UKM mengedepankan sustainable fashion dengan konsep 3 pilar yaitu people, planet dan profit. Mari kita dukung recovery UKM fashion melalui MUFFEST," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki di acara virtual launching MUFFEST, Rabu (19/8).


Produk sustainable yang dimaksud mencakup segi material dan manufaktur atau prosesnya. Para konsumen juga lebih aware dengan gaya hidup conscious sebelum membeli produk dengan pertimbangan apakah memiliki dampak positif pada orang lain, lingkungan, dan masyarakat. 

"Maka itu para pelaku harus bersiap memperbaiki brand, berkualitas, ini wajib bukan nilai plus, mengubah cara produksi lebih cepat, berkolaborasi, dan mengutamakan produk yang lebih cepat terjual agar bisa recovering," timpal National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma.

Sebagai dukungan untuk membangkitkan industri fashion dan peserta UKM dalam membantu peningkatan penjualan ditengah pandemi covid-19, MUFFEST juga akan diselenggarakan pada tanggal 2,3,4 Oktober 2020 di JIExpo,Kemayoran dalam tajuk pameran ESSENCE yang digelar bersama kolaborasi Dyandra New Adventure (DNA).


MUFFEST 2021 akan hadir dengan banyak gebrakan dan program baru dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan eksistensi untuk di era digital. Program-program inovasi seperti Exhibitor Coaching, New Concept of MYDC, Live Booth on MUFFEST, Virtual Exhibition selama 4 Bulan lamanya, serta hadirnya ESSENCE by MUFFEST pada Oktober 2020.

"Kami telah membuat strategi dan stimulus agar tetap dapat menjalankan kegiatan sesuai protokol kesehatan yang belaku dan akan membuat event aman jadi nyaman. Harapannya, seluruh stakeholders bersama Dyandra Promosindo akan  terus berkembang dengan menghasilkan dampak berganda pada industri MICE di Indonesia dan harus bangkit dan semangat lagi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku,”tutup Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo. 

(Yopi Saputra/ Images: Doc. Panitia MUFFEST 2021)


Comments

Popular Posts

Sundance Film Festival Asia 2021 Gelar Kompetisi Film Pendek, Catat Syaratnya !

Hi Fashion People !   Ada yang hobi menonton film pendek? Kalau ada, berarti informasi ini perlu banget buat kamu catat dan simak baik-baik, ya. Tepat pada bulan September nanti, Indonesia khususnya Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam berlangsungnya Sundance Film Festival: Asia 2021 .  Buat kamu yang belum tahu apa itu Sundance Film Festival Asia , sedikit saya jelasin, ya! Jadi Sundance Film Festival Asia adalah festival yang tujuannya untuk mendukung dan mempromosikan komunitas film independen yang tentunya sudah dikurasi atau diseleksi ketat oleh tim Sundance Intitute .  Terselenggarakannya festival ini adalah sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap para pembuat film khususnya di Asia. Festival ini hadir sebagai ajang pertukaran seni sekaligus pertukaran ide serta gagasan baru, yang mungkin saja bisa diangkat untuk menjadi sebuah karya film dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi.  Dalam rangkaian Sundance Film Festival: Asia 2021 , IDN Media bersama dengan XMR Media

Maudy Ayunda Bersama From This Island Ajak Perempuan Merawat Diri

Hi Fashion People !  Baru-baru ini jenama produk perawatan kulit lokal From This Island mengajak perempuan merawat diri serta memahami pentingnya detoksifikasi dalam upaya membangun kembali pondasi kesehatan kulit dalam tubuh.  Melalui program 14D Skin + Body Reset Challenge ini memberikan tantangan harian selama 14 hari yang dapat membantu membangun kembali pondasi kulit dan tubuh sehat. Agar kulit bisa terawat dan seimbang, pengguna dianjurkan untuk menggunakan kombinasi produk perawatan dengan urutan tertentu.  Berdasarkan siaran pers perusahaan yang dibagikan bahwa program itu juga mengajak para pengguna untuk menggunakan secara berkala produk Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner yang mengandung campuran Glycolic & Lactic Acid, Sugarcane, Cucumber, Aloe Vera, dan Hyaluronic Acid Trio. Produk yang berbahan dasar tebu, yang disebut dapat membantu mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada kulit, serta merangsang regenerasi kulit. "Melalui uji coba dan penelitian

Karya Luar Biasa Mahija Lewat Dewi Fashion Knights Tutup Gelaran JFW 2024

 Hi Fashion People !  Jenama aksesori asal Yogyakarta Mahija menutup gelaran Jakarta Fashion Week 2024. Pagelaran ini sebagai bagian dari rangkaian pertunjukan Dewi Fashion Knights. Sang desainer Galuh Anindita seolah ingin menyampaikan bahwa selalu ada harap dan terang dalam setiap keterpurukan dan kegelapan.  Dewi Fashion Knights adalah sebuah perayaan dan salah satu bentuk dukungan Majalah Dewi terhadap fashion Indonesia. Perayaan ini sebagai wujud dan dedikasi Majalah Dewi sebagai majalah fashion dan lifestyle tertua di Indonesia. Majalah Dewi memiliki pengalaman panjang dalam mengamati dan menjadi bagian dari perkembagan fashion nasional.  Dewi Fashion Knights (DFK) selalu menjadi mata acara yang ditunggu-tunggu pecinta fashion di Jakarta Fashion Week. Sama dengan halnya dengan tahun lalu, tahun ini Dewi Fashion Knights hadir dalam dua lini, yaitu ready to wear (Jan Sober, Rama Dauhan, Byo) dan adibusana (Mahija dan Hian Tjen).  Sebagai pentup rangkaian pagelaran Jakarta Fas