Skip to main content

Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 Hadirkan Konsep Green Fashion yang Ramah Lingkungan

Hi Fashion People! 

Pergelaran fashion show ternama di Surabaya yaitu Surabaya Fashion Parade (SFP) kembali hadir untuk ke-13 kalinya. Ya, tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Surabaya Fashion Parade 2020 ini dilakukan secara virtual mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai. 


Surabaya Fashion Parade (SFP) merupakan pergelaran fashion yang diciptakan 13 tahun yang lalu di Tanjungan Plaza oleh Dian Apriliana Dewi, penggagas sekaligus founder dari Surabaya Fashion Parade (SFP). Sejak 2017, Surabaya Fashion Parade (SFP) bekerja sama dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan desainer-desainer yang menjadi anggota IFC untuk bersama-sama menciptakan fashion event yang spektakuler, dan terbukti dengan banyaknya para peminat di Jawa Timur khususnya yang menunggu ajang tahunan ini. 

Ajang tahunan ini bertujuan untuk memberikan wadah dan memberikan apresiasi kepada penggiat fashion, mulai dari desainer, pengajar, pengrajin, model, hingga siswa sekolah fashion untuk terlibat dalam dunia fashion dengan menampilkan karya-karya mereka. 

Di tahun ke-13 ini, Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 mengangkat tema 'Viable' yang diambil dari bahasa inggris berarti mampu bertahan hidup dalam kondisi tertentu. Dengan menitikberatkan pada konsep sustainability, dimana arah fashion industry sekarang sedang mengalami pergeseran dan perubahan. Berawal dari pemanfaatan teknologi yang dinamis, ditambah dengan mulainya peduli terhadap green fashion, maka dari itulah Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 mengangkat isu ini agar bisa menjadikan bagian dari kampanye sustainable fashion secara berkelanjutan.  

Mengangkat tema sustainable fashion, maka dampak buruk dalam memproduksi fashion dapat ditekan, sehingga orang-orang yang terlibat di dalamnya dapat menciptakan invoasi-inovasi yang ramah lingkungan. 

Menghadapi tahun 2020 yang penuh dengan tantangan, dan hadirnya Covid-19, maka panitia SFP tetap menyelenggarakan Surabaya Fashion Parade 2020 meskipun dengan konsep yang berbeda dan mengikuti protokol kesehatan. Perubahan konsep acara ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi panitia SFP karena perubahan konsep, berarti mengubah semua kompetisi acara dan parsiapan yang sudah jauh direncanakan. 


Sebanyak 18 desainer yang turut memeriahkan Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 secara virtual, yaitu Deden Siswanto, Alben Ayub Andal, Aldre, Dibya, dan beberapa desainer dari IFC Surabaya. Koleksi yang diperagakan oleh desainer tidak kalah menarik perhatian. Mulai dari busana ready to wear, modest, dan blouse yang tampak menghiasi panggung SFP ke-13. 

Baca Juga

Tidak lupa kompetisi Model Search 2020 dan Surabaya Fashion Designer Award 2020. Perhelatan ini menjadi bukti bahwa para desainer masih tetap bisa berkarya dan memberikan kontribusi terhadap lingkungan lewat fashion industry. Terakhir, buat kamu yang belum menonton atau  ingin menonton kembali keseruan Surabaya Fashion Parade ke -13 bisa diakses di youtube channel Surabaya Fashion Parade. 

(Yopi Saputra/Image : Doc. Surabaya Fashion Parade 2020)

Comments

Popular Posts

7 Brand Lokal Indonesia, Unjuk Gigi di Pagelaran Introducing Indonesia di Turki

 Hi Fashion People !  Di tengah pagebluk Covid-19, tentu tidak menyurutkan pemerintah untuk membangkitkan kembali roda perekonomian, salah satunya lewat fashion yang merupakan bagian dari industri kreatif. Oleh sebab itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki dan #Markamarie menyelenggarakan acara yang bertajuk Introducing Indonesia . Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan fashion Indonesia ke luar negeri, khususnya adalah Turki. Kita tahu bahwa Indonesia dan Turki adalah dua negara yang memiliki banyak persamaan, antara lain keduanya merupakan salah satu negara berpenduduk muslim terbesar dan juga pasar modest fashion terbesar di dunia. Penyelenggaraan Introducing Indonesia ini menghadirkan sebanyak tujuh brand fashion lokal Indonesia. Tujuh brand ini bertugas memperkenalkan budaya Indonesia lewat fashion yang dihadirkan. Ketujuh brand fashion , yaitu Elzatta, Wearing Klamby, Jawhara Syari, Tethuna, Medina Zein, Restu Pratiwi, dan Hwan Eco Ethnic. Selain itu juga meng

5 Outfit ini, Bikin Penampilanmu Nyaman dan Kece di Festival ON OFF 2018

Hi Fashion People ! Akhir-akhir ini maraknya para penyanyi asing yang datang ke Indonesia dalam rangka menggelar konser. Mulai dari penyanyi pop, hip hop, RnB, rock, electronic dance music dan jenis musik lainnya, untuk menyapa penggemarnya di Jakarta khususnya.  Berbagai genre musik tentu memiliki gaya fashion tersendiri. Jangan heran jika setiap penonton konser musik memiliki ciri khas masing-masing. Nah, buat kamu yang berencana nonton konser musik di event Festival ON OFF 2018 ini, coba terapkan 5 outfit ini yang bikin penampilanmu kece. Apa itu? Yuk intip dibawah ini ya!     Pakailah t-shirt yang nyaman Menentukan outfit saat menonton konser musik, perlu diperhatikan tingkat kenyamanannya, pilihlah t-shirt yang nyaman namun tetap bikin kamu terlihat keren. T-shirt polos bisa kamu jadikan andalan saat nonton konser musik lho, t-shirt yang berbahan kaos bisa kamu pakai biar gampang menyerap keringat, selain itu bisa memberikan ruang lebih saat kamu bergerak bebas.