Skip to main content

Indonesia Fashion Chamber Ajak 13 Desainer Modest Lokal Tampil di Front Row Paris 2023

Hi Fashion People!

Indonesia Fashion Chamber (IFC) akan kembali menggelar ajang Front Row Paris pada 2 September 2023 di The Westin Paris-Vendome, Kota Paris, Perancis. Sejumlah desainer dan jenama modest fashion lokal akan mempresentasikan karyanya melalui perhelatan ini.




Front Row Paris merupakan ajang fashion tahunan yang digelar dengan tujuan untuk mempromosikan keunggulan fashion Indonesia dan memperkenalkan potensi desainer dan jenama fashion lokal ke pasar global, khususnya Eropa. Hal ini sejalan dengan target Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fashion dunia.

Visi utamanya adalah pemerataan kuota fashion di dunia. Kami ingin menjemput bola dengan gaya kami. Karena orang-orang barat mengerti dengan fashion, tetapi belum paham dengan budaya-budaya yang ada di Indonesia,” kata Ali Charisma, Ketua Nasional IFC pada konferensi pers yang digelar di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, (24/8/2023).

Selain itu, digelarnya ajang ini juga bertujuan untuk menambahkan kreativitas dan pengetahuan desainer dan jenama lokal akan budaya luar, sehingga termotivasi untuk menciptakan karya yang memenuhi standar kualitas interasional untuk dapat bersaing di pasar global.

Alasan kedua kami adalah ingin mengenal budaya mereka supaya kami bisa men-twist di sini. Karena udah ke- 4 kalinya  (Front Row Paris) digelar,  jadi harapannya sudah ada hasil yang konkret,” tambah Ali.

Hadirkan Karya 13 Desainer Tanah Air 

Sebanyak 13 desainer Tanah Air akan dibawa IFC di Front Row Paris 2023.  Mereka adalah Deden Siswanto, Hikmat Fashion, Oleanderbyribie, Rose.Ma.Lina X Sofie, Michelle Liu, BBPPMPV BISPAR X SMKN 4 Balikpapan, Lidia Hadiwinoto, Chatrine Liu, Shannelome Yuma, Binus International Fashion Design, Sofie, Ali Charisma, dan Ivan Gunawan. 



Koleksi yang ditampilkan akan memperlihatkan keragaman konten lokal sesuai tren global melalui busana konvensional hingga busana muslim serta menerapkan konsep sustainable fashion yang menjadi perhatian industri fashion dunia. Front Row Paris menghadirkan pula kegiatan fashion showcase, business matching, dan exhibition yang akan dihadiri oleh buyer dan media internasional

8 Jenama Modest Lokal Angkat Keindahan Wastra Nusantara

Tahun ini, Front Row Paris juga bersinergi dengan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF). Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dalam pelaksanaan IN2MF in Paris yang akan menampilkan keindahan wastra Indonesia dalam desain yang inovatif, stylish, dan sustainable. Kegiatan kolaboratif ini sebagai akselerasi dalam mewujudkan Indonesia sebagai modest fashion hub di dunia.

IN2MF in Paris menghadirkan jenama modest lokal terpilih hasil kurasi dari program IKRA Indonesia, yaitu Syukriah Rusydi, Sanet Sabintang, Wening Angga, Thiffa Qaisty, dan Anggia Handmade. Turut berpartisipasi Dewan IKRA, Itang Yunasz, bersama dengan desainer tamu Khanaan dan kami. Kedelapan jenama modest lokal ini siap menampilkan koleksi Spring-Summer 2024 dengan mengeksplorasi keragaman wastra Indonesia. 

Dengan mengusung tema "Weaving Sustainability into Modest Fashion with Wastra Indonesia," IN2MF in Paris merupakan etalase untuk memperlihatkan keunggulan dan keragaman modest fashion Indonesia ke skala global. Dengan mengangkat wastra budaya Indonesia melalui fashion, IN2MF in Paris diharapkan dapat memberikan pengalaman berbeda kepada industri fashion dunia.

Lebih lanjut, IN2MF in Paris diharapkan pula dapat menarik perhatian pasar Eropa untuk menghadiri Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) sebagai forum kolaborasi bergengsi di Indonesia bagi pengusaha dan investor syariah, termasuk modest fashion dari seluruh dunia pada tanggal 25 hingga 29 Oktober 2023 di Jakarta,” tutur Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Bank Indonesia.

Front Row Paris tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan Indonesia International Modest Fashion Festival in Paris. Maka dari itu, Ali berharap sinergi ini dapat memberikan hasil yang jauh lebih optimal dalam mempromosikan karya-karya desainer Indonesia, termasuk sektor modest fashion, di pasar internasional.

Diharapkan semakin banyak media dan buyer dari negara-negara di Eropa yang hadir dan membuka potensi kerjasama bisnis kedepannya dengan para desainer Indonesia,” papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber,” tandas Ali.

Perhelatan ini turut didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris dan Ivan Gunawan Cosmetics sebagai Official Makeup Brand.

(Yopi Saputra/Images : Front Row Paris 2023)





Comments

Popular Posts

Hadir dengan Format Terbaru, Jakarta Fashion Week 2021 Siap Menyapa Para Pecinta Fashion Tanah Air

Hi Fashion People! Pekan mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 akan hadir dengan format baru. Ya, di tengah situasi yang menghadirkan banyak tantangan, JFW pun terpaksa beradaptasi dengan gaya hidup baru dan siap menyapa para pecinta fashion tanah air dan internasional lewat pengalaman baru.  Acara yang akan diselenggarakan pada 26 hingga 29 November 2020 ini akan ditayangkan secara live steram di microsite JFW.TV dan kanal resmi Jakarta Fashion Week lainnya. Para pecinta fashion dapat menyaksikan fashion show , serta mengintip kisah di back stage dan beragam konten lainnya.  Puluhan desainer dan label ternama Indonesia terlibat dalam peregelaran fashion show di era baru yang akan berlangsung di Senyan City yang menjadi official venue Jakarta Fashion Week sejak tahun 2013. Termasuk juga menghadirkan desainer dan label Indonesia Fashion Forward , Dewi Fashion Knights , hingga para desainer muda dalam Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode

Maudy Ayunda Bersama From This Island Ajak Perempuan Merawat Diri

Hi Fashion People !  Baru-baru ini jenama produk perawatan kulit lokal From This Island mengajak perempuan merawat diri serta memahami pentingnya detoksifikasi dalam upaya membangun kembali pondasi kesehatan kulit dalam tubuh.  Melalui program 14D Skin + Body Reset Challenge ini memberikan tantangan harian selama 14 hari yang dapat membantu membangun kembali pondasi kulit dan tubuh sehat. Agar kulit bisa terawat dan seimbang, pengguna dianjurkan untuk menggunakan kombinasi produk perawatan dengan urutan tertentu.  Berdasarkan siaran pers perusahaan yang dibagikan bahwa program itu juga mengajak para pengguna untuk menggunakan secara berkala produk Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner yang mengandung campuran Glycolic & Lactic Acid, Sugarcane, Cucumber, Aloe Vera, dan Hyaluronic Acid Trio. Produk yang berbahan dasar tebu, yang disebut dapat membantu mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada kulit, serta merangsang regenerasi kulit. "Melalui uji coba dan penelitian

Mahakarya 'The Face' Rinaldy A.Yunardi Banjir Pujian di Penutupan Jakarta Fashion Week 2019

Hi Fashion People! Siapa yang tak mengenal sosok desainer kenamaan Tanah Air, Rinaldy A. Yunardi . Menjadi Kesatria Dewi Fashion Knight tampil di penutupan perhelatan Jakarta Fashion Week 2019 yang telah berlangsung sejak 20-26 Oktober 2018 lalu. Mengusung tema 'The Face' , Rinaldy A. Yunardi mencoba menggambarkan beragam jenis wajah manusia dengan karakter yang beragam lewat aksesori yang didesain dramatis. Cucmey ! Desainer yang akrab disapa 'Yungyung' memilih tema 'The Face' yang menampilkan berbagai jenis aksesori seperti, headpiece , kalung, serta topeng bergaya avan grade yang kaya dengan detail. Penampilan para model pun sangat dramatis dengan kostum hitam berbahan tulle yang menonjolkan sisi keindahan pada setiap aksesori rancangannya.     Sebagai desainer pemuncak di pergelaran Jakarta Fashion Week 2019 . Karya yang disuguhkan lewat sang model saat berjalan di panggung mengenakan topeng, lengkap dengan shoulder piece dan kalung yang