Wednesday, 26 September 2018

Karya Fashion Designer Muda Berlaga di CIFFEST dan ANIMAKINI 2018

Dear Temans,

Sabtu, 22 September 2018 dakuw menghadiri event Cikini Fashion Festival (CIFFEST) 2018. kegiatan ini telah berlasung sejak kamis, 20 September 2018 yang berlokasikan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Creative Labs atau biasa disingkat dengan BCL dengan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ).  Di tahun kedua penyelenggaraan CIFFEST 2018 ini diarahkan dapat memperkuat peran dan perkembangan terkini subsektor ekonomi kreatif mode ditanah air.

Gambar 1.1 : Fashion Show CIFFEST 2018
 Oh, ya Temans udah tahu, belum? Tujuan diadakannya CIFFEST 2018? "CIFFEST ini bertujuan sebagai wadah atau temu pelaku ekonomi kreatif fashion untuk mensinergikan kolaborasi dan komunikasi yang dapat meningkatkan jejaring kerjasama, produktivitas, dan kompetensi ekonomi kreatif fashion di Indonesia. Selain itu, CIFFEST ini bertujuan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif di lini rantai nilai kreasi, dan konservasi. Asepek kekinian dan kreativitas akan lekat dan menjiwai dalam luaran CIFFEST yang berupa data, karya, temuan riset dan kepakaran Pentahelix fashion yaitu pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas dan media dapat mengambil manfaat dari event CIFFEST sebagai sarana inspirasi dan pengetahuan bagi pengembang fashion domestik dan global di masa akan datang". Ujar Wawan Rusiawan selaku Direktur Riset dan Pengembangan BEKRAF pada konverensi pers Sabtu, 22 September 2018.

Gambar 1.2 : Penampilan dari Siswa  IKJ
CIFFEST ini berfokus pada penguatan fondasi dalam strategi pengembangan insdustri mode yang mengacu pada kekayaan budaya lokal demi mencapai cita-cita bersama, yaitu menjadikan indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia. Konsep kekuatan lokal diperkuat dengan kepedulian sosial dan lingkungan serta dipresentasikan melalui ethical dan sustainble fashion. Selain itu akan diterapkan juga pada busana muslin, mengingat indonesia memiliki pasar yang baik untuk trend busana muslim dan menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia. Keren!
Gambar 1.3 Penampilan Siswa Binus
Penutupan event CIFFEST 2018 ini turut menghadirkan empat sekolah mode yang mengeksplorasi empat tema turunan dari trend forcecasting 2019/2020 "Singularity". keempat sekolah mode tersebut masing-masing mempersembahkan karya hasil penerapan setiap tema, yaitu Excuberant oleh Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Cortex oleh LPTB Susan Budihardjo, Neo Medieval oleh Esmod, dan Svarga oleh Binus. Nah, hasil dari eksplorasi tersebut ditampilkan pada malam penutupan CIFFEST 2018. Pembukaan pertama diisi dengan menampilkan animasi yang diusung oleh BEKRAF dan Seni Rupa IKJ, malam itu panggung dipenuhi oleh animasi-animasi keren karya anak bangsa. Efeknya penonton menjadi lebih riuh, selain itu cara penyampainnya juga mengikuti trend secara visual.


1. Exuberant
Mengeksplorasi tema exuberant sebagai salah satu tema dari trend forcasting 2019/2020 "Singularity". Desain ini dikerjakan oleh mahasiswa prodi Desain Mode Fakultas Seni Rupa IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Koleksi ini menunjukkan keceriaan dan optimisme lewat perwarnaan yang colorful dengan adanya unsur seni urban dan futuristik ditambah dengan adanya style sporty dan style formal yang cendrung feminim. Ada 12 busana yang ditampilkan dari dua mahasiswa yaitu Evlyn  Laurencia dan Ailla Kemala Dewi serta diiringi oleh musik dan penari yang bikin suasana teater jadi riuh. 
Gambar 1.4 : Penampilan dari Siswa dari IKJ
Menurut Evlyn Laurencia karya yang berjudul Brighter Hallway, terinspirasi dari kampung Pelangi Semarang, dimana kebiasaan hidup masyarkat setempat memiliki keinginan untuk mengubah hidup dan lingkungan menjadi lebih baik. Koleksi ini dibuat sesuai dengan perkembangan zaman dengan style sporty arty offbeat dan look urban. Sementara itu karya Ailla Kemala Dewi terinspirasi dari lukisan-lukisan seniman kontemporer Indonesia, Heri Dono. Koleksi busana tersebut bersifat unisex dengan style art off beat dan quicky look yang mengacu pada tren Exuberant dengan sub-tren Urban Caricarture. Oh, ya! yang bikin menambah semarak ketika penampilan dari IKJ ini adalah adanya kolaborasi penyanyi rapper David Rafael Tandayu dan dancer Josh Marcy.

 2. Neo Medieval 

Esmod Jakarta menampilkan mix and match sembilan karya siswa tahun 2017-2018 dengan spesialisasi women ready-to-wear, women new culture dan menswear. Mereka adalah Jeanne Indriani, Rike Novisia, Siti Asrini, Syarifah Aminah, Syanaz Nathasa Imran, Celine, Helen Christina, Prisilla Halim, dan Gabriela. Untuk penampilan kali ini, terdapat sembilan konsep yang berbeda saat ditampilkan, di antaranya digital print, laser cut, embellishment, beading, hand embriodery yang mempertahankan sisi hand-made ditengah tren kekinian.

Gambar 1.5 : Penampilan Siswa dari ESMOD Jakarta
Hitam menjadi warna dominan dipadukan dengan sentuhan putih, metal, coklat dan merah untuk memberikan perbedaan dan menonjolkan detail pola baik secara molding atau flat pattern menggunakan Pettern Magic Inspiration. Bahan yang dipakai adalah katun, wol, kulit, rajutan sejenis Macrame dan sesekali diaplikasikan pada kain polos, bermotif garis atau kotak-kotak yang lebih mengutamakan kenyamanan pemakainya.

Gambar 1.6 : Penampilan dari Siswa ESMOD Jakarta
Pertujukan ini dibawakan oleh 13 model bergaya androgini. Selain itu juga ada atraksi dari 20 siswa Esmod Jakarta berpantomim di panggung pada saat bersamaan, dibalut bahan stretch lulle hitam dan plastik yang menutupi wajah, melambangkan metalik pada tahun akhir era Medival. Sementara untuk musiknya disebutkan digubah Guillaume Oger yang membawa publik pada suasana klasik gereja sampai ke nuansa metal trash dan electronic underground mengiringi koleksi urban street chic dari Esmod Jakarta.

3.Svarga

Memilih tema Svarga, siswa Binus Northhumbria School of  Design (BNSD) menampilkan karya desain kontemporer yang memberikan sentuhan kain tradisonal rancangan mahasiswa terpilih yaitu Clara Pranata, Winny, Jeslyn, dan Maulia. Paling unik dari koleksi dari Binus ini yaitu olahan kain tradisional dan aneka motif yang hampir memenuhi hampir depan busana, untuk potangan kain lebih ke asimetris dan memberikan aksen rumbai pada rok dan atasan, selain itu perpaduan warna juga memberikan kesan ciamik saat peragaan.

Gambar 1.7 : Penampilan dari Siswa Binus
4.Cortex
Memilih tema yang berkaitan dengan digital dan teknologi serta divisualisasikan dengan animsi layar penuh oleh sekolah mode LPTB Susan Budihardjo. Menurut dakuw pribadi konsep panggungnya apik, diiringi oleh rapper dan robot setelah itu para model berlenggak-lenggok di panggung memeragakan busana. 

Gambar 1.8 : Penampilan dari Siswa LPTB Susan Budihardjo
Dalam pergelaran CIFFEST 2018 terdapat tujuh busana yang didominasi warna putih dengan potongan bergaya urban. Merentanng dari mini dress hingga rok dan celana serta outwear, koleksi merak juga hadir dalam permainan aksen gradasi dengan teknik lipat yang unik. Peragaan busana ini juga dilengkapi dengan aksesori mask dan topeng yang memberikan kesan futuristik dan out of the box. Secara keseluruhan menurut dakuw, cukup menarik dengan eksplorasi yang luas. Namun, akan bisa jadi lebih luas lagi jika rentang busana dari yang biasa ke rentang yang keceh. 

Gambar 1.9 : Penampilan dari LPTB Susan Budihardjo
Secara pribadi dakuw selalu suppport para fashion designer muda untuk berkarya, kalau bukan generasi muda yang membuat industri fashion Indonesia maju, terus siapa lagi? 





Sunday, 23 September 2018

Buka Cabang Baru, Begini Cara Modern Internasional Kembangkan Produk Ricoh di Indonesia

Dear Temans, 

PT Modern Internasional Tbk terus mengembangkan sayapngya dengan membuka cabang baru, yakni PT Modern Data Solusi yang bergerak di bidang distribusi produk Ricoh Indonesia Company, Ltd. adalah perusahaan Jepang yang mengkhususkan bidang optik dan gambar. Produknya termasuk kamera, printer, dan sebagainya. Didirikan pada tahun 1936 dengan nama Riken Konkoshi Co.,Ltd.
PT Modern Internasional
Gambar 1.1 : Cabang Baru PT Modern Internasional Tbk

Produk yang berdiri sejak tahun 1936 itu merupakan produk elektronik yang terkenal di dunia internasional yang terdiri dari Multi Functional Printer (MFP), Direct To Germent (DTG), Production Printing (PP), dan Interactive White Broad (IWB).
PT Modern Internasional
Gambar 1.2 : Modern Internasional Ricoh

Direktur PT Modern Data Solusi, Laurentius Linggodigdo mengatakan bahwa, awalnya produk itu hanya kamera. Selanjutnya baru kemudian menambahkan ke digital imaging, mesin fotokopi, faksimili, printer jet dan leser. "Hari ini PT Modern Data Solusi yang merupakan anak perusahaan dari PT Modern Internasional mengadakan acara Grand Opening Office dan Open House kantor baru di Jakarta Selatan," katanya pada acara yang disaksikan oleh Tomokazu Ohta, Direktur sekaligus leader dari PT RICOH Asia Pasifik kepada INDOPOS, Rabu (11/4).


Pada acara itu, juga dikenalkan produk baru berupa RICOH DTG Ri100 Haoh, yakni printer untuk bidang Garment. Mulai dari T-shirt hingga Goodie Bag bisa dicetak di printer tersebut. "Selain itu dipamerkan mesin-mesin yang lain dalam acara Open House ini," sebutnya

PT Modern Internasional
Gambar 1.3 : Modern Internasional Produk Printer Ricoh DTC Ri 100

Modern Internasional memasarkan produk printer RICOH  DTG Ri 100 (Direct to Garment) yang sangat terjangkau sehingga mempermudah para pengguna untuk memproduksi aplikasi berkualitas tinggi dengan efektif dan efisien untuk berbagai jenis kain. Selain itu, Modern Internasional memberikan solusi bagi para pelaku usaha dengan produk anyarnya yaitu RICOH DTG Ri 100 yang mudah sekali dipasangkan di meja, tidak terlalu memakan tempat sehingga cocok untuk dicetak untuk kebutuhan seperti toko souvenir dan usaha kecil. Keceh!

PT Modern Internasional
Gambar 1.4 : Modern Internasional Bisnis Fotocopy
Saat ini RICOH DTG Ri 100 terus melakukan investasi di industri percetakan. Menurut wakil presiden Ricoh USA, inc The RICOH Ri 100 ini sangat cocok digunakan, dapat bekerja dengan cepat, selain itu harganya terjangkau lagi. Faktanya, karena harganya terjangkau banyak para pemula pelaku usaha yang memulai bisnisnya dengan membuka percetakan seperti, T-shirt, tas kanvas, tote bag, bantal, serta desain unik lainnya. Oh, ya! buat kamu yang ingin mengentahui lebih jauh tentang Ricoh Indonesia ini dapat kalian temukan di alamat Jl. Sultan Iskandar Muda No.29, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dengan diluncurkannya produk terbaru RICOH DTG Ri 100 ini, maka Modern Internasional berharap bisa memberikan soluis bagi para pelaku bisnis percetakan, garment dengan biaya yang terjangkau tentunya.

PT Modern Internasional
Gambar 1.5: Modern Internasional Produk Printer Ricoh DTC Ri 100
Selain itu, PT Modern Internasional juga mengembangkan bisnis ritel mesin fotokopi melalui anak perusahaanya yaitu PT Modern Data Solusi dengan nama merek  RICOH. PT Modern Data Solusi yang merupakan anak dari perusahaan PT Modern Internasional Tbk bergerak di bidang ritel IT sekaligus menjadi agen importir Ricoh Indonesia. Modern Data Solusi melalui Ricoh Indonesia tentunya selalu meningkatkan layanan  mulai dari mesin, multifungsi printer ukuran A3 berwarna putih dan hitam, printer A4 berwarna dan hitam putih, production printing cut sheet A3+, layar sentuh interaktif (Interactice white board), mesin cetak lebar ukuran A0 dan beragam aplikasi atau software untuk menghemat dan manajemen dokumen.

PT Modern Internasional
Gambar 1.6 : Modern Internasional Cabang Cikarang

Sampai sekarang, Modern Data Solusi sudah memiliki jaringan penjualan yang luas untuk memperluas sayap usaha PT Modern Data Solusi di tingkat nasional, yakni di Tangerang, Cikarang, Bandung, Batam, Surabaya, Bali dan Makassar.Kini, Modern Data Solusi di bawah PT Modern Internasional semakin menatap langkahnya sebagai pionir di dunia dokumen di Indonesia. Salah satunya agar menjadi yang terdepan adalah meningkatkan kualitas layanan dan service level optimal kepada pelanggan SME dan Korporat denga cara membuka cabang sebanyak-banyaknya di Indonesia.
Gambar :  1.7 : Modern Internasional Cabang Tengerang

PT Modern Internasional
Gambar 1.8: Modern Internasional Cabang Surabaya












Sunday, 16 September 2018

Mau Jadi Bagian dari Jakarta Fashion Week 2019? Yuk, Ikutan Kompetisi #iBlogJFW

Dear Temans, 

Kata fashion, mungkin bagi orang yang menekuni dunia fashion bukanlah hal yang baru didengar, bukan? Baik itu desainer, pemerhati, pecinta maupun praktisi. Karena kata fashion sering disebut dan didengar dalam kehidupan sehari-hari maka hal ini menunjukkan bahwa kata fashion sudah sangat familiar untuk semua kalangan.
Gambar 1.1 : Model Runaway Jakarta Fashion Week Event

Lalu, apa itu fashion? fashion merupakan suatu kombinasi atau perbaduan dari gaya dengan desain yang cenderung dipilih, diterima, digemari, dan dipakai oleh mayoritas masyarakat yang bisa memberikan kenyamanan dan membuat orang yang memakainya lebih baik pada waktu tertentu
.
Gambar 1.2 : Instagram @jfwofficial
Dahulu industri fashion di Indonesia sempat pernah diragukan untuk mampu bersaing di dunia fashion internasional, berbanding terbalik dengan sekarang para desainer Indonesia sudah banyak melahirkan karya, berinovasi dan diapresiasi di panggung fashion internasional. Pesatnya perkembangnya dunia kreatif di Indonesia terutama fashion menuntut para pelaku fashion, penikmat fashion, serta praktisi mempunyai tempat/ruang untuk berkespresi, berkarya sehingga karya-karya yang dipamerkan dapat diapresiasi di panggung mode nasional maupun internasional. Maka pada tahun 2008 Jakarta Fashion Week diselenggarakan untuk pertama kalinya.
Gambar 1.3: Official Website JFW
Ajang busana tahunan ini secara konsisten menjadi biduk bagi industri fashion Indonesia.Tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, melalui berbagai program seperti Indonesia Fashion Forward, insan kreatif Indonesia dituntut untuk meramaikan panggung mode negeri-negeri seberang. Didaulat sebagai pekan mode tahunan terbesar dan paling berpengaruh di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week merupakan platform bagi pelaku mode yang ingin dikaitkan dengan desain, gaya, dan mode terkini. 

Gambar 1.4 : Instagram @jfwofficial
Tahun ini, Jakarta Fashion Week menggelar selebrasinya yang ke-sebelas di Senayan City, Jakarta Pusat, pada 20-26 Oktober 2018. Untuk para pecinta fashion, yang ingin menyaksikan perhelatan Jakarta Fashion Week secara langsung, bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh pihak Jakarta Fashion Week seperti yang saya lakukan sekarang #iBlogJFW. Selain kompetisi #iBlogJFW ada juga kompetisi #iVlogJFW dan #iCaptureJFW untuk informasi lebih lanjut dan syarat ketentuan lomba ada di portal  Jakarta Fashion Week

Gambar 1.5 : Instagram @yopi_saputra
Alasan mengapa saya pantas menjadi #JFWOfficialBlogger, karena saya seorang content writter disalah satu industry creative sehingga tidak terlalu sulit bagi saya untuk mengaplikasikan ke dalam bentuk tulisan. Selain itu, saya juga seorang fashion blogger aktif yang selalu membuat konten-konten tentang fashion dan lifestyle. Menurut saya pribadi jika seseorang hanya "suka" dengan dunia fashion dan nggak mampu untuk menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan maka informasi mengenai fashion tersebut tidak tepat sasaran (Pembaca), sebaliknya jika seseorang berkompeten di bidang kepenulisan dan tidak memiliki wawasan tentang fashion maka konten yang dibuat akan jelas perbedaan dengan orang yang memiliki pengetahuan luas tentang fashion.
Fashion is a trend but style lives within a person, yang penting mengutamkan kenyaman dan kejujuran,dalam artian ketika kamu jujur dalam mengekspresikan cara berpakaiankamu,kenyamanan akan hadir dengan sendirinya, jadi ngga perlu memaksakan diri,karena mata orang lain sejujur itu menangkapnya,jadi kalo sudah nyaman mau pake apa saja,pasti enak di lihatnya.
~Tities Sapoetra

Thursday, 13 September 2018

Tips Mengelola Keuangan Bagi Freelencer Agar Terhindar Dari Sengsara Akhir Bulan

Dear Temans, 

Sebagai seorang fashion blogger dakuw dituntut untuk memiliki pengetahuan luas tentang fashion Industry, tidak hanya pengetahuan luas seputar fashion industry melainkan brand fashion pun turut di upgrade, terkadang saking cintanya sama brand fashion dakuw lupa dengan yang namanya kebutuhan dan keinginan sendiri. Bahkan fee yang didapat dari nulis dan nge-staylishin orang enyah begitu saja tidak tersisa sedikit pun. Sedih!
Gambar 1.1 Foto Bersama Banner ISB

Ketika dakuw mengakses Instagram munculah di halaman pertama poster Komunitas ISB yang menginformasikan bahwa ada Blogger Gathering yang temanya "SEO Zaman Now" dan Bagaimana mengatur keuangan sebagai seorang freelancer bersama Komunitas ISB dan CNI Indonesia dengan pemateri Mas Niko Riansyah selaku Digital Marketing dan Liswanti Pertiwi, Finance Blogger dan Wedding Planner, langsung saat itu dakuw membaca informasi terkait dan mengisi form pendaftaran sebagai salah satu syarat kehadiran. Nah, event keren ini diadakan di Burger King, Plaza Festival Jakarta Selatan.

Gambar 1.2 : Berfoto Bersama Banner ISB


Seberapa Penting sih, Mengatur Keuangan Sebagai Freelancer?

Seperti yang telah dakuw singgung diatas, sebagai seorang fashion blogger yang mana pendapatannya kadang tidak menentu terkadang hari ini dapat job belum tentu besok dapat job dari client, oleh sebab itu pentingnya mengatur dan mengelola keuangan agar tidak lenyap dalam sekilas. Untuk itu Teh Liswanti kerap disapa Teh Lis, beliau merupakan salah seorang blogger aktif menulis tentang finance dan wedding planner juga membagikan tips bagaimana mengatur keuangan sebagai freelencer.

Gambar 1.3 : Penjelasan tentang Financial Planning (Source Image by :Wulan Photos)


Oh, ya! salah satu yang membuat Teh liswanti ini suka menulis tentang finance, ternyata memiliki latar belakang pendidikannya  adalah sarjana Ekonomi, lho! Teh liswanti juga bercerita bahwa dia termasuk orang yang boros dan nggak tau uangnya tiba-tiba enyah begitu saja, mengingat waktu itu Teh Liswanti bercita-cita ingin memberi kasih uang saku untuk adiknya, kala waktu itu sebelim nikah. Tambahnya ~

Menurutnya, mengapa kita sebagai freelancer penting untuk mengelola keuangan? ada beberapa alasan yang wajib kita ketahui. Apa itu? Yuk, baca dibawah ini, ya!

1. Melatih diri untuk semakin bijak menggunakan uang
2. Melatih diri untuk semakin teratur
3. Menjadikan semakin berhemat
4. Belajat hemat dan berinvestasi
5. Hidup tenang dan bahagia

Pada dasarnya mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidaklah sulit lho, Temans, sebenarnya apa yang menjadi tujuan hidup kita itulah yang menjadi prioritas utama kita. Kalau temans bisa mengatur keuangan minimal memiliki tabungan (dana cadangan) maka sudah jelas masa depan temans akan aman dari yang namanya keborosan dan kesengasaraan.

Nah, bagaimana penghasilan yang temans dapat dari freelencer dapat diatur sedemikian rupa, ibaratnya kalau dakuw mau bikin desain baju maka harus ada perencanaan keuangan terlebih dahulu, nah berikut paparannya:

1. Bisa membedakan keinginan dan kebutuhan
Temans pasti udah kenal dong apa itu kebutuhan dan keinginan? Yup, kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus/wajib terpenuhi jika tidak dipenuhi maka akan menganggu kehidupan manusia sebaliknya dengan keinginan adalah segala sesuatu yang hanya berdasarkan hasrat kita dan belum mengetahui apa manfaatnya barang/benda yang akan temans beli.

2. Buatlah Pos-pos pengeluaran (Pos Keuangan)
-Zakat, infak, sedekah 5%
-Dana darurat 10%
-Biaya hidup 40%
-Tabungan 25%
-Gaya hidup  5%
-Investasi 15%

3. Buatlah arus kas sederhana
Sederhanya membuat arus kas ini adalah agar memudahkan temans untuk mengetahui jumlah uang yang masuk dan jumlah uang yang keluar, dengan adanya arus kas sederhana ini menjadikan temans untuk dispilin dalam mengatur/mengelola keuangan.

4. Disiplin dalam menabung
Disiplin dalam menabung itu sangat penting lho, temans mengingat kebutuhan sehari-hari sekarang udah lumayan mahal, jika temans tidak pandai dan disiplin dalam menabung akan membuat diri temans rugi untuk kedepannya.

5. Belanja sesuai kebutuhan saja
Banyak sekali godaan sekarang dimana-mana menawarkan diskon, mulai dari gadget, fashion, make up sampai kongkow-kongkow bareng teman juga termasuk pemborosan lho, terlebih banyak sekali sekarang coffe shop yang menawarkan berbagai cara untuk menarik konsumennya agar betah berlama-lama di coffe shop tersebut.

Penting nih, buat temans semua kalau bisa di catat ya! faktor krusial dalam mengatur keuangan peribadi adalah kemampuan untuk menahan diri agar bisa mengelola uang dari jumlah yang dimiliki. Banyak orang yang gagal dalam mengelola keuangannnya  dikarenakan lebih mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan.

Jadi, sekarang semua ada ditangan Temans semua jika mau hidup sederhana maka berhematlah dan sebaliknya jika dari sekarang sudah hidup boros maka selanjutnya kita selalu menjadi orang yang merasa "Kekurangan".

Gambar 1.4 : Peserta Workshop Komunitas ISB dan CNI Indonesia

Terima kasih Komunitas ISB dan CNI Indonesia telah mengundang dakuw dalam event keren ini, semoga jangan bosan yaa ngadaiin acara ini lagi. Keceh!


Thursday, 6 September 2018

Cara Belanja Hemat Smartphone untuk Kebutuhan Fashion (Outfit Of The Day)

Dear Temans,

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia fesyen dakuw tak pernah lepas yang namanya smartphone terlebih suka hunting foto keluar rumah seperti museum, galeri, taman kota, cafe, serta tempat-tempat yang instgaramable. Sementara dakuw nggak mau dong, repot saat photoshoot  maunya yang simple dan multifungsi semua ada dalam satu perangkat. Maka dari itu dakuw termasuk orang yang bijak dalam membawa barang-barang saat photoshoot untuk outfit of the day.

Gambar 1.1 Photo of The Day with Oppo F7

Salah satu benda ajaib yang dakuw bawa saat hunting foto adalah kamera. Yup, benar kamera merupakan teknologi canggih yang selalu membantu dakuw untuk kebutuhan photoshoot, selain itu kamera juga mampu mengambil objek yang detail dan sekalian bisa bikin video juga kan, Hepi! Namun, dibalik kerennya kamera pasti ada kekurangannya ya. Terkadang bikin dakuw repot saat bikin konten photoshootnya secara solo, beda hal jika dakuw bawa tim photographer untuk kebutuhan  project fashion.

Gambar 1.2 : Tysna Saputra with Oppo F7

Nah, karena dakuw seringnya hunting photoshoot outfit of the day  secara solo, cukup membawa smartphone saja, terlebih di era sekarang smartphone sudah bisa menggantikan fungsi kamera yang dibutuhkan. Eits, jangan salah smartphone sekarang sudah banyak lho fitur-fitur pendukung untuk kebutuhan photoshoot lho, seperti smartphone Oppo F7 ini dilengkapi dengan fitur kamera belakang 16 + 16 MP dengan tingkat piksel sebesar 402ppi dan tampilan resolusi sebesar 1080 x 2280 piksel. Smartphone canggih ini memiliki prosesor octa core. selain itu dakuw suka sama  desainnya yang fashionable, dan pastinya dong kamera yang menjadi keunggulan dari Oppo F7 ini dengan kemampuan kamera yang digadang-gadangkan memberikan tangkapan gambar  begitu detail dengan warna yang vibrant. Eksis! Tetapi, Temans sebagai konsumen kudu pintar dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan ya, mengingat banyaknya para konsumen tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu harus berhati-hati dan penuh perhitungan agar tidak kecewa saat sudah membelinya. hu..hu...

Banyaknya jenis dan merk smartphone yang beredar saat ini kerap membuat dakuw kebingungan untuk membelinya terlebih dakuw sudah buat catatan, agar saat membeli smartphone tidak terpengaruh oleh diskon ataupun mbak/mas penjual yang selalu menawarkan, tapi tetep aja terpengaruh, niat hati ingin beli smartphone jenis A malah beli jenis lain. ha..ha..ha..Labil! Maka pilihan berbelanja secara online yang menurut dakuw yang efektif dan efisien dalam situasi sekarang. Sistem belanja sudah online maka si pengguna dituntut untuk cerdas dalam memilih e-commerce/mareketplace, karena setiap e-commerce/marketplace memiliki harga yang berbeda-beda disinilah peranan si pengguna agar dapat smartphone yang kece, spesifikasi yang mempuni dan harga miring oleh sebab itu rajin-rajinlah membandingkan harga.

Bicara Bandingin Harga, iPrice Solusinya!


Gambar 1.3 : Halaman Depan iPrice


Banyak yang belum mengetahui sebenarnya iPrice itu apa sih? baiklah, coba dakuw jelasin secara singkat. ya! iPrice merupakan situs belanja online/e-commerce/marketplace yang kantor pusatnya di Kuala Lumpur, Malaysia. Sederhananya iPrice itu adalah situs belanja online yang membandingkan berbagai produk dan menyediakan kode kupon belanja dar berbagai toko online ternama, nah kode kupon belanja ini sangat membantu para online shoppers untuk mendapatkan tambahan diskon. Keceh!
Gambar 1.4 : Harga Oppo F7

Bicara bandingin harga memang iPrice solusinya, terlebih awal Oktober ini dakuw butuh banget smartphone yang desainnya elegan, simple, spesifikasinya oke untuk keperluan photoshoot saat event Jakarta Fashion Week 2019. Dakuw lagi kepoiin situnya iPrice dan mulai mecari tahu harga Oppo F7 dan disitu banyak ragam pilihan dari berbagi situs e-commerce. nah, karena udah tahu smartphone apa saja yang mau di beli maka dakuw ketik di kolom pencarian "Oppo F7" untuk mecari merk samartphone yang diinginkan. Setelah itu Temans akan mengetahui harga dari toko online mana yang lebih murah dan pastinya sesuai dengan kebutuhan. Efektifnya iPrice tidak perlu membuka banyak situs untuk mengetahui harga satu barang yang akan dibeli.

Gambar 1.5 : Halaman Spesifikasi Oppo F7

Banyak ragam pilihan di iPrice mulai dari barang-barang elektronik, fashion, out door, peralatan rumah tangga, mainan anak, kesehatan, otomotif, serta voucher atau kupon yang bisa digunakan untuk pergi wisata. Keren! So, tunggu apa lagi, jika Temans ingin belanja online secara mudah, cepat dan bisa bandingin harga ya iPrice solusinya!

Happy Weekend~










Sunday, 12 August 2018

5 Outfit ini, Bikin Penampilanmu Nyaman dan Kece di Festival ON OFF 2018

Dear Temans, 

Happy Weekend Temans!

Akhir-akhir ini maraknya para penyanyi asing yang datang ke Indonesia dalam rangka menggelar konser. Mulai dari penyanyi pop, hip hop, RnB, rock, electronic dance music dan jenis musik lainnya, untuk menyapa penggemarnya di Jakarta khususnya. Berbagai genre musik tentu memiliki gaya fashion tersendiri. Jangan heran jika setiap penonton konser musik memiliki ciri khas masing-masing. Nah, buat kamu yang berencana nonton konser musik di event Festival ON OFF 2018 ini, coba terapkan 5 outfit ini yang bikin penampilanmu kece. Apa itu? Yuk intip dibawah ini ya!
5 Outfit Recomended Bikin Penampilanmu Kece di Festival ON OFF 2018
Gambar : Instagram luckyoetama

1. Pakailah t-shirt yang nyaman
  Menentukan outfit saat menonton konser musik, perlu diperhatikan tingkat kenyamanannya, pilihlah t-shirt yang nyaman namun tetap bikin kamu terlihat keren. T-shirt polos bisa kamu jadikan andalan saat nonton konser musik lho, t-shirt yang berbahan kaos bisa kamu pakai biar gampang menyerap keringat, selain itu bisa memberikan ruang lebih saat kamu bergerak bebas. 

Gambar : 1.1 Pakailah t-shirt yang nyaman

2. Tas kecil yang simple
 Tas kecil sangat penting sekali saat pergi menonton konser musik, tapi perlu diperhatikan jangan membawa tas yang terlalu besar, kamu cukup pakai jenis saddle bag ringan untuk dibawa kemanapun. saddle bag ini nantinya akan berguna untuk berbagai kebutuhan selama menyaksikan konser. Seperti menyimpan dompet, tiket, makeup, aksesori, dan tentu saja seperangkat alat perang buat berswafoto. 
Gambar : 2.1  Tas kecil yang simple

3. Kenakan sepatu yang nyaman dan aman
   Sepatu yang nyaman dan aman penting sekali kamu perhatikan, karena sebagian besar para penonton konser berdiri, berdesak-desakan, bahkan melompat-lompat. Mungkin saja secara tidak sengaja kaki kamu akan terinjak oleh penonton lainnya. Jadi lebih baik kenakan sepatu yang nyaman dan aman buat kamu melakukan aktivitas saat menyaksikan konser.
     Sneakers bisa kamu jadikan pilihan yang cocok buat ke konser selain nyaman, aman dan juga terlihat casual atau kamu ingin lebih "agak" bergaya bisa memakai sepatu boots, namun kamu jangan pernah sesekali memakai sendal ya. Buat kamu yang berbadan pendek, disarankan memakai sepatu yang berplatform agar terlihat lebih tinggi saat melihat ke arah panggung.

Gambar 3.1 : Kenakan sepatu yang nyaman dan aman

4. Aksesori sederhana
   Menyaksikan konser musik tidak membuat kamu jadikan sebagai ajang pamer perhiasan. Pilihlah aksesori yang sederhana, unik dan tidak mengundang orang lain untuk berprilaku kriminal terhadap kamu. Selain itu buat kamu memiliki rambut yang panjang sebaiknya diikat  agar tidak menganggu orang lain saat menonton. Agar kamu terlihat kece, pilihlah ikat rambut yang menarik.

Gambar 1.4 Aksesori sederhana


5. Make up tahan lama
  Make up sangat penting sekali dalam menunjang penampilan kamu saat menyaksikan konser musik. Bagi para wanita,  melompat-lompat dan mengikuti suasana konser berarti siap-siap untuk berkeringat banyak. Dan make up kamu akan luntur oleh keringat,  kecuali kamu mengenakan make up yang tahan lama. Kamu bisa kenakan produk make up dengan fitur yang tahan air.

Gambar 1.5 Make up tahan lama

Nah, itu tadi 5 outfit recomended bikin penampilanmu kece saat nonton konser musik. apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Sumber gambar : Pintrest, Instagram

Karya Fashion Designer Muda Berlaga di CIFFEST dan ANIMAKINI 2018

Dear Temans, Sabtu, 22 September 2018 dakuw menghadiri event Cikini Fashion Festival ( CIFFEST) 2018. kegiatan ini telah berlasung seja...