Skip to main content

Jenny Yohana Kansil Luncurkan Buku Biografi Pertama, Kisahkan Pengalamannya di Dunia Fashion

Hi Fashion People!

FASHION IS ART. Fashion adalah sebuah karya seni, di mana Sang Desainer bisa bermain dengan imajinasinya sebebas mungkin. Sebagai fashion art, sangat baik apabila memiliki keinginan untuk membuat sebuah karya seni yang limited collection, agar orang yang memilikinya benar-benar menghargai karya tersebut.



Melihat begitu indahnya seni dari sebuah fashion, di mana ‘pemiliknya’ dapat berekspresi dengan gaya apapun, membuat seorang Jenny Yohana Kansil banting stir dari seorang businesswomen menjadi fashion designJenny, berangkat adri seorang perempuan yang sukses di bidang keuangan. Di usianya yang baru menginjak angka 20-an, dia terbilang sudah sangat mapan. Namun, ada dorongan yang begitu kuat sehingga dirinya memilih untuk meninggalkan karirnya tersebut.


Kala itu saya melihat ini karier di bidang keuangan bukan minat saya. My passion is fashion. Saya kemudian mencoba mencari tempat belajar untuk menyalurkan passion saya tersebut, tapi kok saya tidak menemukan yang cocok. Pernah saya berpikir, mungkin fashion memang bukan keahlian saya, karena susah sekali untuk menggambar detil per detil dari desain yang saya buat,” kata beliau saat ditemui di lauching buku biografinya, di La Moda Café Plaza Indonesia, Jakarta.



Merasa tidak puas dengan apa yang didapatnya, akhirnya Jenny memutuskan untuk terbang ke Eropa. Dari situ, ia menemukan sebuah institut desain yang sangat cocok dan membuatnya yakin bahwa fashion adalah passionnya. Kemudian, ia memulai karier fashion-nya dari nol di sana.

Baca  Juga :

Setelah sukses merintis karier, ibu satu anak ini pulang ke Tanah Air dan membagikan ilmunya dengan mendirikan Instituto Di Moda Burgo Indonesia pada 2011. Sebuah sekolah mode desain internasional yang pionirnya berada di Milan, Italia. Instituto Di Moda Burgo Indonesia telah meluluskan hampir seribu siswa dan melahirkan desainer-desainer berkualitas. Nama-nama seperti Julianto, Benita & Janice, Maquinn, dan Tities Saputra, tidak pernah berhenti meramaikan panggung fashion internasional.


Tidak berhenti sampai di situ, Jenny berhasil membawa Batik Durian khas Lubuk Linggau, Sumatera Barat, di Emerging Talents Milan Fashion Show 2021. Dan setahun kemudian, Jenny berhasil meraih penghargaan The Genius of Gianni Versace Award di Milan, 21 September 2022
Perjalanan hidup Jenny yang menarik ini dituangkan dalam sebuah buku biografi berjudul Jenny Yohana Kansil: Jejak Inovatif Desainer & Pendiri Instituto Di Moda Burgo Indonesia.



Buku setebal 168 halaman ini ditulis oleh Asteria Erlanda, yang telah melahirkan banyak karya seperti Angelina Sondakh: Kecantikan Bukan Modal Utama Saya7 Kilometer: Seruas Perjalanan Verawati BasriErmey Trisniarty: Dapur Cokelat Bercerita, dan Prita Kemal Gani: 30 Tahun sebagai Pendidik.


“Keberanian adalah aset berharga. Termasuk berani bermimpi, berani gagal, dan berani mencoba kesempatan yang paling sulit,” demikian kalimat inspiratif Jenny yang dijadikannya sebagai pembuka buku. 

(Yopi Saputra/Images : Burgo Indonesia)

Comments

Popular Posts

Hadir dengan Format Terbaru, Jakarta Fashion Week 2021 Siap Menyapa Para Pecinta Fashion Tanah Air

Hi Fashion People! Pekan mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 akan hadir dengan format baru. Ya, di tengah situasi yang menghadirkan banyak tantangan, JFW pun terpaksa beradaptasi dengan gaya hidup baru dan siap menyapa para pecinta fashion tanah air dan internasional lewat pengalaman baru.  Acara yang akan diselenggarakan pada 26 hingga 29 November 2020 ini akan ditayangkan secara live steram di microsite JFW.TV dan kanal resmi Jakarta Fashion Week lainnya. Para pecinta fashion dapat menyaksikan fashion show , serta mengintip kisah di back stage dan beragam konten lainnya.  Puluhan desainer dan label ternama Indonesia terlibat dalam peregelaran fashion show di era baru yang akan berlangsung di Senyan City yang menjadi official venue Jakarta Fashion Week sejak tahun 2013. Termasuk juga menghadirkan desainer dan label Indonesia Fashion Forward , Dewi Fashion Knights , hingga para desainer muda dalam Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode

Maudy Ayunda Bersama From This Island Ajak Perempuan Merawat Diri

Hi Fashion People !  Baru-baru ini jenama produk perawatan kulit lokal From This Island mengajak perempuan merawat diri serta memahami pentingnya detoksifikasi dalam upaya membangun kembali pondasi kesehatan kulit dalam tubuh.  Melalui program 14D Skin + Body Reset Challenge ini memberikan tantangan harian selama 14 hari yang dapat membantu membangun kembali pondasi kulit dan tubuh sehat. Agar kulit bisa terawat dan seimbang, pengguna dianjurkan untuk menggunakan kombinasi produk perawatan dengan urutan tertentu.  Berdasarkan siaran pers perusahaan yang dibagikan bahwa program itu juga mengajak para pengguna untuk menggunakan secara berkala produk Sugarcane AHA Exfoliating Solution Toner yang mengandung campuran Glycolic & Lactic Acid, Sugarcane, Cucumber, Aloe Vera, dan Hyaluronic Acid Trio. Produk yang berbahan dasar tebu, yang disebut dapat membantu mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada kulit, serta merangsang regenerasi kulit. "Melalui uji coba dan penelitian

Mahakarya 'The Face' Rinaldy A.Yunardi Banjir Pujian di Penutupan Jakarta Fashion Week 2019

Hi Fashion People! Siapa yang tak mengenal sosok desainer kenamaan Tanah Air, Rinaldy A. Yunardi . Menjadi Kesatria Dewi Fashion Knight tampil di penutupan perhelatan Jakarta Fashion Week 2019 yang telah berlangsung sejak 20-26 Oktober 2018 lalu. Mengusung tema 'The Face' , Rinaldy A. Yunardi mencoba menggambarkan beragam jenis wajah manusia dengan karakter yang beragam lewat aksesori yang didesain dramatis. Cucmey ! Desainer yang akrab disapa 'Yungyung' memilih tema 'The Face' yang menampilkan berbagai jenis aksesori seperti, headpiece , kalung, serta topeng bergaya avan grade yang kaya dengan detail. Penampilan para model pun sangat dramatis dengan kostum hitam berbahan tulle yang menonjolkan sisi keindahan pada setiap aksesori rancangannya.     Sebagai desainer pemuncak di pergelaran Jakarta Fashion Week 2019 . Karya yang disuguhkan lewat sang model saat berjalan di panggung mengenakan topeng, lengkap dengan shoulder piece dan kalung yang